Diberdayakan oleh Blogger.

Buku Tamu

Followers

Senin, 26 Desember 2011

Sistem Pernapasan Makhluk Hidup

Hidung

Hidung terdiri dari dua lubang dan rongga hidung. Di dalam rongga hidung terdapat selaput lendir dan rambut hidung. Dua lubang hidung tersebut berfungsi sebagai tempat keluar masuknya udara. Selaput lendir dan rambut hidung berfungsi untuk menangkap debu agar tidak masuk ke paru-paru.

Udara yang masuk melalui hidung kemudian melewati faring dan menuju pangkal tenggorokan (laring). Dari pangkal tenggorokan itu, udara masuk ke batang tenggorokan (trakea). Batang tenggorokan merupakan penghubung antara hidung dan paru-paru

Paru-paru terletak dalam rongga dada yang terdiri dari dua bagian yaitu paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Dalam dparu-paru terdapat bronkiolus. Bronkiolus merupakan cabang dari brokus. Ujung dari bronkiolus merupakan gelembung paru-paru yang disebut alveolus. Pada alveolus inilah terjadi pertukaran udara antara oksigen dan karbondioksida oleh darah.

Proses Pernapasan

1.Inspirasi
Pada proses pernafasan ini otot  diafrgma naik sehingga udara dari luar masuk kedalam paru-paru.

2.Eksprasi
Pada pernafasan ini otot diafragma turun sehingga udara dari dalam paru-paru keluar seperti kita menghebuskan nafas

Alat Pernapasan Hewan

Burung

burung bernafas dengan paru-paru. Burung juga mempunyai alat pernafasan lain yang disebut pundi-pundi udara. Pundi-pundi udara  berfungsi untuk menyimpan udara yang digunakan pada waktu burung terbang.

Reptil

Reptil bernafas dengan paru-paru.  Udara masuk melalui hidung, kemudian menuju batang tenggorokan lalu keparu-paru. Apabila reptil berada didalam air, misalnya buaya, lubang hidungnya dapat ditutup sehingga air tidak dapat masuk ke paru-paru

Amfibi

Hewan amfibi adalah hewan yang hidup didua alam, misalnya katak. Katak bernapas dengan menggunakan paru-paru. Katak juga dapat bernafas dengan menggunakan kulit.

Ikan

Ikan bernafas menggunakan insang yang berjumlah empat pasang. Insang pada ikan terletak pada sebelah kanan dan kiri kepalanya.

Serangga

bernapas dengan trakea. Trakea adalah pembuluh halus yang bercabang yang memnuhi seluruh bagian tubuh serangga dan bermuara pada stigma. Stigma adalah lubang yang terletak pada sisi tubuh bagian kanan dan kiri serangga.

Cacing

cacing tidak memiliki alat pernapasan khusus. Oleh karena itu oksigen masuk kedalam tubuh melalui kulit permukaan kulitnya yang basah. Sehingga alat pernapasan pada cacing adalah kulit.

 Mamalia

Hewan yang tergolong mamalia adalah hewanyang menyusui anaknya. Alat pernafasan mamalia sama seperti manusia. Sehingga mamalia bernafas dengan paru-paru.

Penyakit yang Dapat menyerang alat pernafasan Manusia

1. Influenza

Influenza biasa disebut flu. Orang yang terserang flu kondisi tubuhnya menjadi lemah. Kuman penyebab flu dapat menyebar melalui udara.

2. Pneumonia

Penyakit ini merupakan penyakit radang paru-paru akut. Gejala penyakit ini sesak nafas, batuk yang disertai darah, dan dada terasa nyeri

3.  Flu burung

flu burung disebabkan oleh virus yang hidup di Salur pencernaan unggas. Jika masuk virus tersebut masuk kedalam tubuh manusia maka akan menyebabkan penyakit.

Gejala yang timbul adalah panas melebihi 38 derajat, hidung berair, sakit tenggorokan, nyeri otot, dan sesak nafas.

4. TBC (Tuberculosis)


Penyakit ini paling sering menyerang paru-paru. Gejala penyakit ini adalah mudah lelah, berat badan menurun, batuk berdahak disertai darah dan nyeri dibagian dada.




Artikel Terkait:

0 komentar

Poskan Komentar