Home » » Rumus Bangun Ruang Matematika

Rumus Bangun Ruang Matematika

1.    Kubus

 Kubus adalah bangun ruang yang dibatasi oleh enam bidang sisi yang berbentuk bujur sangkar.

a.    Luas Permukaan kubus
              L= 6 a2
b.    Volume Kubus
V = a x a x a atau V = a3

2. Balok

Balok adalah bangun ruang yang dibatasi oleh enam bidang yang berbentuk persegi panjang dan sepasang-sepasang kongruen.

Keterangan :
p = panjang balok
l =lebar balok
t = tinggi balok
a.    Luas balok:
     L = 2 (p.l +p.t + l.t)
b.    Volume balok:
V = p x l x t

3.Tabung (silinder)

Tabung adalah bangun ruang yang dibatasi oleh dua sisi yang kongruen dan sejajar yang berbentuk lingkaran serta sebuah sisi lengkung.
Keterangan:

r = jari-jari tutup/alas tabung                    t = tinggi tabung

Volume tabung = luas alas x tinggi              

Luas alas = luas lingkaran = πr2

Volume tabung = π r 2 t

Keliling lingkaran alas/tutup = 2πr

Luas Selimut= 2πrt

Luas Permukaan Tabung = 2 x luas alas + Luas selimut tabung

Luas Permukaan Tabung = 2 (π r 2 )+ 2 π r t = 2 π r ( r + t )

4. Kerucut

Kerucut adalah bangun ruang yang dibatasi oleh sebuah sisi alas berbentuk lingkaran dan sebuah sisi lengkung.
 Keterangan:

r = jari-jari alas kerucut                        t = tinggi kerucut
Luas selimut = π x r x s

Luas alas = π x r 2

Luas Permukaan kerucut = Luas alas + Luas Selimut

Luas Permukaan kerucut = πr2 + πrs = π r (r + s)

Volume Kerucut =1/3 x Luas alas x tinggi = 1/3 π r2 t

5. Prisma

Prisma adalah bangun ruang yang dibatasi oleh dua buah bidang sejajar dimana bidang-bidang sejajar tersebut merupakan bidang atas dan bidang atas (tutup).

Rumus-rumus pada prisma:
Luas Permukaan Prisma                V = L alas x t
Luas = (2 x luas alas) + luas sisi tegak
Volume Prisma

6.Limas 

Limas adalah bangun ruang yang dibatasi oleh sebuah segi sebagai bidang alas dan beberapa bidang tegak berbentuk segitiga.
Volume Limas :
Volume = luas alas x tinggi x

7. Bola


R = jari-jari bola
Luas Permukaan bola
Luas = 4

Previous
« Prev Post

41 comments:

  1. Wah info bagus nie
    bsa nambah nambah pengetahuan
    :D

    ReplyDelete
  2. makasih infonya.mudah mudahan ini berguna buat ukk ku besok :)

    ReplyDelete
  3. huhh ,, ndk trLaLuu Lngkp rums'x niee .. :(

    ReplyDelete
  4. thanks infonya ijin posting gan..............

    ReplyDelete
  5. infonya lumayan tapi kurang jelas

    ReplyDelete
  6. tidak terlalu lengkap sih, namun cukup membantu. terima kasih!

    ReplyDelete
  7. terima kasih atas rumus bisa membantu pel mtk

    ReplyDelete
  8. trimakasih atas smua infonya,cukup mudah untuk saya pahami

    ReplyDelete
  9. rachel & ghilba19 November 2012 at 18:03

    yah.. ko gak ada rumus luas bola sich .. rempong

    ReplyDelete
  10. makacih ya info ya
    :D

    ReplyDelete
  11. thaks ya atas infonya

    ReplyDelete
  12. ok,like dizs

    ReplyDelete
  13. ternyata gampang ya belajar kayak gini udah simpen di otak! aku saranin kamu supaya ikut belajar di sini ok!

    ReplyDelete
  14. it was amazing .................

    ReplyDelete
  15. kalo yang balok itu yang dicari tinggi baloknya ya apa

    ReplyDelete
  16. jelasin lbih singkat donk:)

    ReplyDelete
  17. aku mw rumus cinta......

    ReplyDelete
  18. bola n limasnya kok g lengkap siiiiiiiiih

    ReplyDelete
  19. wiiiiihhh aing mah paleng ta nyahoooo tentang MATEMATIKA

    ReplyDelete
  20. terima kasih yahh.... infonyaaa....
    ijin posting yahh... :-)

    ReplyDelete
  21. Lingga muhammad21 March 2013 at 07:59

    Sip dah infonya !! :D

    ReplyDelete
  22. di tambah dengan contoh soal mungkin lebih mudah di pahami :D

    ReplyDelete
  23. contoh soalnya?

    ReplyDelete
  24. limas gak complit ya?

    ReplyDelete
  25. gak jelas....

    ReplyDelete
  26. Prisma nya kyknya kurg komplit

    ReplyDelete
  27. rumus luas permukaan limas gk ada

    ReplyDelete
  28. makasih ya gan....

    ReplyDelete
  29. klo rumus jari_jari alas tabung ada yg tau ga? tolong bantu dong...

    ReplyDelete
  30. KURANG BAGUS...WARNANYA KURANG MENARIK!!

    ReplyDelete
  31. KURANG BAGUS...WARNANYA KURANG MENARIK!!

    ReplyDelete
  32. Wah min ini membantu banget lengkap makasi min

    ReplyDelete
  33. Aduh sangat membantu

    ReplyDelete

Powered by Blogger.