Diberdayakan oleh Blogger.

Buku Tamu

Followers

Selasa, 27 Maret 2012

Rumus Bangun Ruang Matematika

1.    Kubus

 Kubus adalah bangun ruang yang dibatasi oleh enam bidang sisi yang berbentuk bujur sangkar.

a.    Luas Permukaan kubus
              L= 6 a2
b.    Volume Kubus
V = a x a x a atau V = a3

2. Balok

Balok adalah bangun ruang yang dibatasi oleh enam bidang yang berbentuk persegi panjang dan sepasang-sepasang kongruen.

Keterangan :
p = panjang balok
l =lebar balok
t = tinggi balok
a.    Luas balok:
     L = 2 (p.l +p.t + l.t)
b.    Volume balok:
V = p x l x t

3.Tabung (silinder)

Tabung adalah bangun ruang yang dibatasi oleh dua sisi yang kongruen dan sejajar yang berbentuk lingkaran serta sebuah sisi lengkung.
Keterangan:

r = jari-jari tutup/alas tabung                    t = tinggi tabung

Volume tabung = luas alas x tinggi              

Luas alas = luas lingkaran = πr2

Volume tabung = π r 2 t

Keliling lingkaran alas/tutup = 2πr

Luas Selimut= 2πrt

Luas Permukaan Tabung = 2 x luas alas + Luas selimut tabung

Luas Permukaan Tabung = 2 (π r 2 )+ 2 π r t = 2 π r ( r + t )

4. Kerucut

Kerucut adalah bangun ruang yang dibatasi oleh sebuah sisi alas berbentuk lingkaran dan sebuah sisi lengkung.
 Keterangan:

r = jari-jari alas kerucut                        t = tinggi kerucut
Luas selimut = π x r x s

Luas alas = π x r 2

Luas Permukaan kerucut = Luas alas + Luas Selimut

Luas Permukaan kerucut = πr2 + πrs = π r (r + s)

Volume Kerucut =1/3 x Luas alas x tinggi = 1/3 π r2 t

5. Prisma

Prisma adalah bangun ruang yang dibatasi oleh dua buah bidang sejajar dimana bidang-bidang sejajar tersebut merupakan bidang atas dan bidang atas (tutup).

Rumus-rumus pada prisma:
Luas Permukaan Prisma                V = L alas x t
Luas = (2 x luas alas) + luas sisi tegak
Volume Prisma

6.Limas 

Limas adalah bangun ruang yang dibatasi oleh sebuah segi sebagai bidang alas dan beberapa bidang tegak berbentuk segitiga.
Volume Limas :
Volume = luas alas x tinggi x

7. Bola


R = jari-jari bola
Luas Permukaan bola
Luas = 4


Artikel Terkait:

39 komentar

Kaos Bola Murah

makasih yah infonya

Abdiel

Wah info bagus nie
bsa nambah nambah pengetahuan
:D

Anonim

makasih infonya.mudah mudahan ini berguna buat ukk ku besok :)

Anonim

huhh ,, ndk trLaLuu Lngkp rums'x niee .. :(

Inabuy dot com

thanks infonya ijin posting gan..............

Anonim

infonya lumayan tapi kurang jelas

Anna

tidak terlalu lengkap sih, namun cukup membantu. terima kasih!

Anonim

terima kasih atas rumus bisa membantu pel mtk

sayu

trimakasih atas smua infonya,cukup mudah untuk saya pahami

rachel & ghilba

yah.. ko gak ada rumus luas bola sich .. rempong

Anonim

makacih ya info ya
:D

pinkan imoetz

thaks ya atas infonya

aulia cantikz

ok,like dizs

rahmani ummya

ternyata gampang ya belajar kayak gini udah simpen di otak! aku saranin kamu supaya ikut belajar di sini ok!

amazink

it was amazing .................

Shelina Septiani

sulit!^^

Moch. Lucky Ibnu Chaliki

kalo yang balok itu yang dicari tinggi baloknya ya apa

Anonim

jelasin lbih singkat donk:)

Anonim

aku mw rumus cinta......

Anonim

bola n limasnya kok g lengkap siiiiiiiiih

RISKA O

wiiiiihhh aing mah paleng ta nyahoooo tentang MATEMATIKA

wahyu riswan

thanks ya informasi nya

Anonim

terima kasih yahh.... infonyaaa....
ijin posting yahh... :-)

Lingga muhammad

Sip dah infonya !! :D

ayu novita

di tambah dengan contoh soal mungkin lebih mudah di pahami :D

Anonim

contoh soalnya?

Anonim

limas gak complit ya?

Anonim

gak jelas....

Lexy Ardiansyah

kurang lengkap semua

Anonim

Prisma nya kyknya kurg komplit

Pras Eko

thankx info.x gan .. :)

Anonim

rumus luas permukaan limas gk ada

Anonim

makasih ya gan....

Anonim

awawawawawawawa

natanael sevenfold

klo rumus jari_jari alas tabung ada yg tau ga? tolong bantu dong...

Ranie Dhien

KURANG BAGUS...WARNANYA KURANG MENARIK!!

Ranie Dhien

KURANG BAGUS...WARNANYA KURANG MENARIK!!

RUSDI JABIR

makasih yaaa friend

yuki hanaya

Wah min ini membantu banget lengkap makasi min

Poskan Komentar