Jangan terlalu sibuk mengurus dunia hingga lupa bahwa hidup punya batas waktu. Hidup harus seimbang, menabunglah sekarang demi akhiratmu.
Home » » Cara mengatasi Demam Panas Biasa

Cara mengatasi Demam Panas Biasa

Ketika anda merasa tidak enak badan, maka hal  pertama kali yang sering anda nilai adalah apakah tubuh anda panas atau mengalami demam.   Walaupun sebenarnya panas sendiri bukanlah penyakit itu sendiri, panas biasanya adalah tanda bahwa sesuatu sedang terjadi didalam tubuh anda.   

Demam adalah suatu bagian penting dari mekanisme pertahanan tubuh melawan infeksi. Kebanyakan bakteri dan virus yang menyebabkan infeksi pada manusia hidup subur pada suhu 37 derajat C. Meningkatnya suhu tubuh beberapa derajat dapat membantu tubuh melawan infeksi. Demam akan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh untuk membuat lebih banyak sel darah putih, membuat lebih banyak antibodi dan membuat lebih banyak zat-zat lain untuk melawan infeksi. 

Suhu tubuh normal bervariasi tergantung masing-masing orang, usia dan aktivitas. Rata-rata suhu tubuh normal adalah 37 derajat C. Suhu tubuh kita biasanya paling tinggi pada sore hari. Suhu tubuh dapat meningkat disebabkan oleh aktivitas fisik, emosi yang kuat, makan, berpakaian tebal, obat-obatan, suhu kamar yang panas, dan kelembaban yang tinggi. Ini terutama pada anak-anak. Suhu tubuh orang dewasa kurang bervariasi. Tetapi pada seorang wanita siklus menstruasi dapat meningkatkan suhu tubuh satu derajat atau lebih. 

Dan sebenarnya panas sendiri tidak selalu buruk.  Panas memegang peranan dalam menolong tubuh untuk melawan serangan infeksi virus atau bakteri.  Jadi panas adalah suatu respon tubuh untuk melawan infeksi yang masuk ke dalam tubuh.

Demam terjadi ketika "termostat" dalam tubuh meningkatkan temperatur tubuh di atas batas normal. Termostat ini berada di salah satu bagian otak yang disebut dengan hipotalamus. Hipotalamus akan mengatur temperatur tubuh yang sesuai dan akan mengirimkan sinyal ke tubuh untuk menjaga temperatur normal.  

Terkadang hipotalamus akan "mengatur" temperatur tubuh menjadi lebih tinggi sebagai respon terhadap infeksi, penyakit, dan penyebab lainya. Para peneliti mengemukakan bahwa peningkatan temperatur tubuh merupakan cara tubuh untuk melawan kuman yang menyebabkan infeksi dan membuat tubuh sebagai tempat yang tidak nyaman bagi kuman tersebut.  

Demam merupakan suatu gejala dan bukanlah penyakit. Demam dapat disebabkan karena infeksi, kondisi yang terlalu panas, imunisasi, dan penyebab lainnya.

Cara mengatasi Demam panas biasa 

Bahan

Jeruk nipis 1 buah
Bawang merah 3 biji
Minyak kelapa 1 sendok makan
Garam (sedikit)

Cara pembuatannya

Peras jeruk nipis, ambil airnya
Parut bawang merah, terlebih dahulu dilapisi dengan daun pisang
Campurkan jeruk nipis dan bawang merah tersebut tambahkan
garam dengan minyak

Cara pemakaian 

Dikompreskan pada ubun-ubun


Previous
« Prev Post

2 Komentar

  1. y maksih tips.a,
    ntar saya coba mudah-mudahan berhasil,

    ReplyDelete
  2. Nice Posting. Kini ada cara praktis menghindar demam sebelum kena demam. Tanpa obat, tanpa ribet. Yakni dengan menggunakan gelang terapi. Untuk ukuran dewasa namanya Gelang Terapi Demam. Sedangkan untuk ukuran anak/bayi, namanya Gelang Step.

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.