Diberdayakan oleh Blogger.

Buku Tamu

Followers

Sabtu, 04 Juni 2011

PEMIKIRAN MASA RENAISSANCE (MACHIAVELLI)

                            

1.RIWAYAT HIDUP DAN KARYA INTELEKTUALNYA

 

Nama Machiavelli cukup dikenal di dalam ilmu politik dan filsafat politik. Tapi, nama Machiavelli sering di hubung-hubungkan dengan praktik-praktik busuk kekuasaan. Akan tetapi, pikiran-pikirannya ternyata menjadi praktik politik di banyak negara di abad 20 ini. Oleh karena itu, suatu kelalaian bagi kita untuk melewatkan semua gagasan-gagasannya.

 

Filusuf ini hidup dalam zaman renaisans dan hidup dalam era yang penuh pergolakan dalam politik Italia. Machiavelli lahir pada tanggal 3 mei 1469 di Florence. Lahir dari seorang pengacara kaya di Italia. Machiavelli beruntung karena tidak hanya mendapatkan pendidikan tinggi, melainkan juga posisi yang kuat dalam pemerintahan kota Florence.

 

Sebagai seorang yang terlibat dalam politik, dia menjalin hubungan dengan para bangsawan tinggi di kota valentine, CESARE BORGIA, seorang tokoh yang sangat ambisius dan gila dengan kekuasaan tapi terampil. Dia tidak ambil pusing dengan pembunuhan terhadap saudara dan saudara iparnya ketika hal itu dilakukan demi kepentingannya. Dia juga adalah guru machiavelli Ketika tokoh ini mau menaklukkan Italia yang sedang di kuasai Paus Julius 2, Machiavelli menjadi pengamat pribadinya yang paling jeli.

 

Karirnya sebagai pengamat pribadi CESARE BORGIA hancur ketika Florence dikuasai keluarga MEDICI yang memusuhinya dan menjebloskannya ke penjara selama setahun.

Setelah bebas, dia mengasingkan diri ke pinggir kota. Ia memanfaatkan pengalamannya ini untuk memepelajari bagaimana situasi politik yang sebenarnya terjadi pada masanya. Kemudian dia menulis dan merenungkan hasil-hasil pengamatan dan pengalamannya selama itu. Dia menghasilkan dua buku yang sangat termasyhur yaitu Il Principe ( sang pangeran, terbit 1532), discorsi sopra la prima decade di tito livio( diskursus tentang sepuluh buku pertama dari titus livius, juga terbit tahun 1531) dan history of florence Disamping beberapa karyanya, Machiavelli juga menulis beberapa karya tentang komedi salah satunya yaitu mandragola. Tidak ada tokoh filsafat politik yang menjadi sasaran penilaian yang beragam dan kontradiktif dibanding Machiavelli, negarawan Florentine yang berubah menjadi penulis. Ia adalah orang yang jujur dan tulus yang mana kehidupan pribadinya secara moral tanpa cacat.

 

Napoleon Bonaparte menyatakan bahwa karya-karya Machiavelli adalah satu-satunya karya politik yang layak dibaca. Hitler juga dikatakn bahwa dia menyimpan the prince di samping tempat tidurnya dan menyatakan bahwa ia menyamakan pengarangnya dengan composer Richard wagner sebagai di antara pemikir yang ikut membentuk pemikirannya. Machiavelli mungkin merasa tidak suka dan ngeri dengan beberapa tindakan yang dilakukan oleh orang-orang sesudahnya yang mengaku dibimbing oleh prinsip-prinsipnya.

 

Sang pendobrak di ambang modernitas ini tidak pernah putus asa untuk kembali ke dalam kehidupan public, tetapi meskipun ia ditugaskan untuk menjalankan tugas kecil selama pemerintahan medici, ia tidak lagi memperoleh jabatan public bahkan setelah republik ini dibangun kembali pada tahun 1527.[1]

 

Sang realis ini dipuji sebagai pahlawan Italia yang bersemangat yang mengabdikan dirinya bagi kebaikan umum warga negaranya, sebagai pemikir yang memberi sumbangsih besar pada kebebasan manusia dan nasib manusia dengan membebaskan filsafat politik dari belenggu masa lampau. Dengan latar belakang yang penuh dengan intrik dan kekerasan inilah Machiavelli membangun filsafat politiknya.

 

JACOB BURCKHARDT menulis dalam karyanya sebagai berikut : "dalam hal kemampuannya untuk merekonstruksi sebuah negara, Machiavelli tak ada tandingannya. Dia selalu menghimpun kekuatan-kekuatan yang ada sebagai kekuatan-kekuatan yang hidup dan aktif, serta memberikan alternative-alternatif secara tepat dan hebat dan tidak mencoba menipu diri maupun orang lain. Dalam dirinya tak ada jejak keangkuhan ataupun sikap berlebih-lebihan. Namun, objektivitas politisnya sewaktu-waktu mengerikan dalam keterusterangannya, namun objektivitas itu lahir dalam sebuah zaman yang sangat darurat dan berbahaya dan dalam zaman itu manusia tidak lagi mudah percaya kepada hukum dan tak dapat mengandalkan kemurah hatian.[2]

 

 2.LAHIRNYA ABAD RENAISSANCE DAN GERAKAN HUMANISME

 

Perubahan membutuhkan penyesuaian kembali. Demikian juga, dengan pembongkaran sistem intelektual pada abad pertengahan. Beberapa pemikir yang membawa pemikiran baru mereka melalui krisis di ambang modernitas.

 

Walaupun mereka bisa di anggap sebagai para pendobrak awal pemikiran tradisional abad pertengahan. Mereka adalah BRUNO yang menggoyang kemapanan ajaran-ajaran religius. BACON yang membongkar prasangka-prasangka dalam alam pikir tradisional dan pemikir yang saya telah bahas di atas yaitu MACHIAVELLI sang penjebol pola-pola legitimasi kekuasaan tradisional. Apa yang membedakan antara pemikiran modern dengan pemikiran zaman sebelumnya yang disebut "tradisional" itu?

 

Pemikiran abad pertengahan ditandai oleh kesatuan, keutuhan dan totalitas yang harmonis dan sistematis yang tampil dalam bentuk metafisika atau ontologi. Sedangkan pemikiran modern dalam wawasan ini adalah sebuah kemerosotan intelektual. Mereka ingin mempertahankan metafisika tradisional berada pada posisi yang berbeda. Mereka(pemikir) pada abad pertengahan dilukiskan sebagai sebuah tatanan sistematis yang hierarkial : mulai dari kenyataan yang tertinggi sampai terendah, dari yang terabstrak sampai yang paling konkrit.

 

Para pemikir di ambang modernitas ini menghadapi sebuah tantangan zaman yang serba sulit untuk meninggalkan system yang lama, sehingga kita bisa mengatakan bahwa mereka sendiri menampilkan krisis intelektual dengan segala ambivalensinya. Sehingga pemikir seperti Machiavelli-lah adalah pemikir yang berjasa besar dalam membawa pemikiran baru melalui krisis yang begitu sulit.

 

Kembali pada topik pembahasan kita adalah mengenai renaissance dan kaum humanis. Pernyataan kita selama ini adalah, sejak kapan filsafat mendapat tenaga intelektualnya untuk memberontak terhadap cara berpikir pada abad pertengahan ? jawabannya adalah sejak renaissance dan kemudian dilanjutkan dengan reformasi protestan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk membahas pentingnya zaman ini dalam pembentukan pemikiran-pemikiran yang sekarang kita sebut " modern".

 

Renaissance[3] adalah yang berarti kelahiran kembali. Yang lahir kembali adalah kebudayaan yunani kuno dan romawi kuno yang sudah lama dikubur oleh masyarakat abad pertengahan dibawah pimpinan gereja.

 

Memang, warisan-warisan kebudayaan yunani dan romawi kuno dipelajari oleh para cendikiawan yang pada zaman itu di sebut " kaum humanis". Akan tetapi, arisan itu sesuatu yang baru sehingga renaissance itu bukanlah reproduksi kultur warisan itu, melainkan interpretasi baru atasnya. Para humanis tersebut memandang bahwa kebudayaan itu adalah sebagai puncak peradaban barat. Mereka memanfaatkan budaya-budaya klasik itu demi kepentingan masa depan kebudayaan barat. Progresif adalah sikap mereka yang justru mengurangi minat penelitian filologis zaman renaissance.

 

Siapa kaum humanis ? istilah dalam bahasa Italia umanista adalah jargon zaman renaissance yang sejajar dengan artista(seniman) atau iurista(ahli hukum). Umanista adalah guru atau murid fak-fak yang mempelajari kebudayaan, seperti : gramatika, retorika, sejarah, seni puisi atau filsafat moral[4]. Karena ilmu-ilmu tersebut memiliki kedudukan penting pada zaman renaissance, kaum humanis juga menjadi orang-orang yang terpandang dalam masyarakatnya. Humanis berupaya sintetis antara iman kristiani dan ilmu pengetahuan adalah kebudayaan dan tradisi Kristen. Kemudian bahwa kaum humanis adalah sebuah gerakan elite intelektual.

 

Kaum humanis percaya bahwa rasio dapat melakukan segalanya dan lebih penting dari iman. Oleh karena itu, sejak renaissance, penelitian filologis[5] tidak hanya dilakukan atas sastra klasik, melainkan juga atas kitab suci. Gerakan ini di sebutkan sebagai kepercayaan akan kemampuan intelektual. Sehingga, Kaum humanis ini juga menekankan pentingnya perubahan-perubahan sosial, politik dan ekonomi. Beberapa tokoh humanis yang terpenting adalah :

 

petrarkha (1304-1374)

Erasmus (1466-1535)

Rabelais (1490-1553)

Thomas more ( 1478-1535)

Cervantes (1547-1616).

 

3 PENGUASA DAN URAIANNYA.

 

Penguasa yang baik adalah orang yang tujuannya bukan untuk kepentingan dirinya sendiri tetapi untuk kebaikan umum dan bukan demi kepentingan pengganti-penggantinya tetapi demi tanah air yang menjadi milik semua orang. Sebagai seorang pemimpin, ia harus mampu bermain baik sebagai manusia maupun sebagai binatang buasa, sang pemimpin harus bisa memakai kedua kodrat itu. Dan karena sang pemimpin harus mampu bermain dengan binatang buasa, dia harus mencontoh rubah dan singa, karena singa tak lepas dari jerat dan rubah tak bisa lolos dari srigala. Jadi dia harus menjadi rubah untuk mengenali jerat dan menjadi singa untuk menakut-nakuti srigala-srigala. ( Machiavelli, Il principe, bab 18)

 

Menurut Machiavelli, seorang penguasa tidak perlu memperhatikan pertimbangan-pertimbangan moral. Penguasa. Moralitas dapat di perhatikan dalam kekuasaan hanya sejauh ia berguna untuk kekuasaan. Dengan cara ini, Machiavelli membenarkan segala cara untuk meraih dan mempertahankan kekuasaan, entah lewat kekerasan militer, propaganda yang menipu atau peperangan. Akan tetapi, penguasa dianjurkannya bersikap realistis, yaitu memihak kubu yang paling kuat agar mendapatkan bagian maksimal dalam pampasan perang. Di dalam pemerintahannya, penguasa juga harus cerdik dalam menyingkirkan orang-orang yang berpotensi menjadi saingannya. Sebagai gantinya, seorang penguasa menempatkan orang-orang yang mematuhinya di sekelilingnya. Oleh karena itu, Machiavelli mengatakan bahwa, ketika keputusan yang akan diambil oleh seorang penguasa sepenuhnya tergantung pada keselamatan bangsa, tidak perlu ada pertimbangan mengenai keadilan atau ketidakadilan, kebaikan atau kejahatan, pujian atau celaan apabila keputusan tersebut di lakukan. Sebaliknya, setiap pertimbangan lain yang dirancang, alternatifnya harus dengan sepenuh hati disesuaikan dengan pilihan yang akan menyelamatkan kehidupan dan menjaga kebebasan negara. "bapak ploitik" ini juga menyatakan bahwa jika penguasa bertindak karena cinta pada tanah airnya dan berhasil, upayanya ini demi kepentingan dan kebaikan umum, bukan demi kepentingan dirinya sendiri.

 

Pemikiran tradisional juga tidak menentang pandangan bahwa kekuasaan adalah elemen penting dalam pemerintahan, tetapi ia menegaskan bahwa kekuasaan hanyalah cara untuk mencapai tujuan yang dasar yaitu tujuan yang ditentukan watak manusia. Penggunaan kekuasaan untuk mencapai tujuan-tujuan haruslah sejalan dan sesuai dengan tujuan. Kebaikan dan keburukannya haruslah ditentukan oleh keksesuaiannya dengan norma-norma moral dan bukan semata-mata dengan keberhasilan atau kegagalannya dalam mencapai kemenangan politik. Pemikir ini juga menyatakan bahwa ada dua cara seorang penguasa jika harus menjaga kepercayaan yang baik dengan rakyatnya dan orang-orang yang bekerja dengannya, " pertama : dengan hukum dan yang "kedua : dengan kekuatan. Cara "pertama adalah cara manusia dan cara "kedua adalah cara binatang. karena cara pertama seringkali tidak mencukupi. Oleh karena itu, penguasa terkadang perlu melakukan cara yang kedua. Jadi, penguasa harus tahu cara betul bagaimana cara menggunakannya.

 

Tips-tips Machiavelli untuk sang penguasa :

  • seorang pemimpin yang ingin menegaskan dirinya harus mampu bertindak jahat (tegas). Tapi jika hal itu diperlukan.
  • jika seorang pemimpin mau mendapatkan nama baik di antara orang-orang lain karena kemurahan hatinya. Penguasa itu harus memamerkan kemurahan hatinya itu secara megah.
  •  seorang pemimpin tak boleh mencuri  harta rakyatnya, karena manusia lebih mudah melupakan kematian ayahnya dari pada kehilangan bagian warisannya.
  • Seorang penguasa yang baik haruslah orang yang terikat pada prinsip-prinsip moralitas.
  • Seorang penguasa harus bisa mengendalikan tingkah-laku warganya. Karena itu, untuk memperkokoh kekuasaan, penguasa harus mampu memobilisasi nafsu-nafsu rendah mereka yang ingin dikuasainya demi maksud-maksudnya sendiri.

 

Sebagai ilmuwan politik, ia harus mempelajari dan mencoba memahami hal-hal sebagaimana adanya, ia harus menghadapi hal-hal yang tidak menyenangkan dan tidak diinginkan, ia harus menyadari bahwa teori politik tidak dapat dirumuskan di atas menara gading. Hanya jika manusia sepenuhnya memahami fungsi proses sosial dan politik dalam konteks ruang dan waktu ia bisa berharap memerangi kejahatan yang ada dan membawa masyarakat menuju kehidupan yang lebih baik.

 

Machiavelli seringkali disebut sebagai bapak " politik kekuasaan", sebutan yang mempunyai arti penting dalam era modern. Istilah "politik kekuasaan" bahwa kekuatan buta atau cara-cara yang menguntungkan bisa dan harus digunakan jika perlu untuk mencapai tujuan negara, inilah warisan dari filsafat politik Machiavelli. Jadi, meskipun pengarang the prince ini tidak melupakan faktor-faktor lain dalam politik, gambarannya tentang realitas politik jelas tidak menyimpang.[6]

 

 4, MASALAH AGAMA DALAM SUATU NEGARA.

 

Di awal zaman modern di eropa, atau di negara mana pun pasti mempermasalahkan hubungan antara agama dan negara. Machiavelli melibatkan diri dalam persoalan ini. Di zaman abad pertengahan, negara berada dominasi kekuasaan rohani gereja katolik yang dipegang oleh paus, sehingga masalah kaisar pun di pilih oleh paus. Model kekuasaan seperti in pada masa renaissance mulai mengalami krisis. Machiavelli menegaskan bahwa negara jangan sampai dikuasai oleh agama. Sebaliknya, menurut Machiavelli, negara harus mendominasi agama. Seperti pada saat kekaisaran romawi kuno, saat agama Kristen di atur oleh negara. Agama hanyalah salah satu pranata dalam kehidupan bermasyarakat yang bisa difungsikan. Dalam hal ini, gagasan Machiavelli mengenai agama adalah sekular. Dia memang menganggap bahwa ajaran-ajaran moral dan dogma-dogma agama pada dirinya tidak begitu penting, tetapi semuanya yang ada dalam agama, termasuk yang kurang penting itu, ternyata memiliki fungsi untuk mempersatukan negara. Jadi, agama mempunyai segi pragmatis untuk mengintegrasikan negara. Agama juga dapat mendukung patriotisme dan memperkuat pranata-pranata kebudayaan. Dengan gagasan ini, Machiavelli tidak menyatakan dirinya sebagai ateis. Yang dipersoalkannya bukanlah ada tidaknya tuhan, melainkan fungsi agama dalam kehidupan politis.

 

BIOGRAFI MACHIAVELLI

  • 1469 : Machiavelli lahir tanggal 3 mei di floren. Putra dari seorang ahli hukum dan bangsawan toskana.
  • 1494 : studi literature antic dan ilmu hukum di bawah bimbingan prof. Marcello di virgilio.
  • 1498 : stelah jatuhnya savanarola, ia menjabat sebagai penasihat politis kota floren.
  • 1500 : kunjungan diplomatis ke prancis (raja luis XII)
  • 1505 : mengorganisasi sebuah pemberontakan.
  • 1512 : spanyol menaklukkan Italia dan akhir karier politis Machiavelli.
  • 1513 : ditangkap dan disiksa dengan tuduhan konspirasi. Menulis II principe (terbit tahun 1532).
  • 1518 : karya komedinya yaitu mandragola diterbitkan.
  • 1527 : kekalahan medici dan kematian Machiavelli pada tanggal 22 juni.

 

 

DAFTAR PUSTAKA :

 

Schmandt, Henry J. Filsafat politik. Jakarta : Pustaka pelajar, 2009.

 

Hardiman, F. budi. filsafat modern. Jakarta : PT. Gramedia pustaka pertama, 2004.

 



[1] Henry J.schmand " Filsafat politik " kajian histories dari zaman yunani kuno samapai zaman modern. Cetakan 3. 2009.

 

[2] Burckhardt, Jacob. Halaman. 86

 

[3] Istilah ini berasal dari jules michelet pada tahun 1855 dan H. Balzac pada tahun 1829.

 

[4] Lih. Helferich, C, halaman. 119.

[5] Studi tentang budaya dan kerohanian suatu bangsa dengan menelaah karya-karya sastra-nya.

 

[6] Lihat eric voegelin, "machiavelli's prince : background and formation", review of political, april,1951.


Penulis : Fadil Abubakar ( Ilmu politik, Universitas Islam Negeri Jakarta )



Artikel Terkait:

12 komentar

Anonim

Hello! I could have sworn I've been to this website before but after looking at many of the posts I realized it's new to me.
Nonetheless, I'm certainly delighted I stumbled upon it and I'll be book-marking
it and checking back frequently!

My homepage ... food games

Anonim

Hello to every one, the contents present at this site are really amazing for
people knowledge, well, keep up the nice work fellows.


Review my web-site pizza games

Anonim

Heya this is somewhat of off topic but I was wanting to know if blogs use WYSIWYG editors or if you have to manually code with HTML.
I'm starting a blog soon but have no coding expertise so I wanted to get advice from someone with experience. Any help would be greatly appreciated!

Here is my blog ... acheter viagra pas cher

Anonim

When some one searches for his required thing, therefore he/she wants to be available that in detail, thus that thing is maintained over here.


Here is my web-site - buy instagram followers

Anonim

Heya i'm for the first time here. I came across this board and I find It truly useful & it helped me out a lot. I hope to give something back and help others like you helped me.

Feel free to surf to my web blog: instagram

Anonim

Awesome! Its truly awesome post, I have got much clear idea about from this paragraph.


Review my blog: how to get instagram followers

Anonim

Hey! Would you mind if I share your blog with my twitter group?
There's a lot of people that I think would really enjoy your content. Please let me know. Thank you

my weblog: buy twitter followers no password

Anonim

It's difficult to find experienced people about this topic, however, you seem like you know what you're talking about!

Thanks

My blog; get targeted twitter followers

Anonim

I am sure this piece of writing has touched all the internet viewers, its
really really pleasant piece of writing on building up new
blog.

Feel free to visit my blog post :: methods to buy followers on social media service twitter

Anonim

If some one needs expert view about blogging after that i propose
him/her to visit this weblog, Keep up the fastidious work.



Look at my page how to buy followers on social media service twitter

Anonim

Today, while I was at work, my cousin stole my iPad and tested to see if it can survive
a 40 foot drop, just so she can be a youtube sensation.
My iPad is now destroyed and she has 83 views. I know this is totally
off topic but I had to share it with someone!


Also visit my blog post :: how to buy followers on social media service twitter

Anonim

I've been exploring for a bit for any high quality articles or blog posts in this sort of area . Exploring in Yahoo I at last stumbled upon this web site. Reading this info So i am satisfied to express that I have an incredibly excellent uncanny feeling I discovered just what I needed. I such a lot no doubt will make certain to don?t disregard this website and give it a glance regularly.

My webpage ... how to marketing social media services

Poskan Komentar