Jangan terlalu sibuk mengurus dunia hingga lupa bahwa hidup punya batas waktu. Hidup harus seimbang, menabunglah sekarang demi akhiratmu.
Home » » Wisata Sumbawa Barat

Wisata Sumbawa Barat


Sumbawa Barat merupakan kabupaten baru di Provinsi Nusa Tenggara Barat dan secara resmi berdiri sejak tanggal 20 November 2003. Dalam usianya yang muda kabupaten ini berjuang, khususnya pengembangan pariwisata, mengejar ketertinggalanya dari daerah lain. Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki obyek wisata pantai yang tak kalah eksotisnya dengan Bali. Salah satu objek wisata pantai di NTB yang namanya sudah mulai dikenal adalah Pantai Senggigi. Sebenarnya bukan cuma Pantai Senggigi yang dapat dijadikan obyek wisata di NTB. Jika pelancong punya cukup banyak waktu, objek wisata pantai di Kabupaten Sumbawa Barat layak untuk dikunjungi. 

Di Kabupaten Sumbawa Barat ini terdapat beberapa obyek wisata pantai. Mulai dari Pantai Maluk, Pantai Sekongkang, Pantai Tropical, hingga ke Pantai Jelengah. Dari obyek wisata pantai yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat ini, Pantai Maluk merupakan obyek yang paling banyak menarik minat wisatawan. 

Untuk mengunjungi Pantai Maluk ini tidak terlalu sulit. Sarana transportasi yang dibutuhkan oleh wisatawan tersedia setiap saat. Dari Ibu Kota NTB, Mataram, dibutuhkan waktu sekitar enam jam untuk sampai ke Pantai Maluk. Sekitar dua jam perjalanan menggunakan feri dari Pelabuhan Kayangan Lombok. Selebihnya perjalanan ditempuh melalui jalur darat.

Pantai Maluk terdapat di Desa Maluk, Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat. Dari Pantai Maluk ini wisatawan bisa melihat pesona keindahan Teluk Maluk. Bukan hanya itu. Pantai Maluk kerap dijadikan oleh wisatawan sebagai arena berselancar. Tak heran apabila peselancar kelas dunia senantiasa mengagendakan kegiatan di Pantai Maluk. 
“Ombak di Pantai Maluk ini telah masuk dalam daftar ombak terbaik bagi peselancar dunia,” jelas Eldiman, salah seorang pengelola papan selancar di Pantai Maluk yang ditemui SH belum lama ini. Oleh para peselancar, ombak di Pantai Maluk diberi julukan Super Suck. Julukan ini diberikan karena ombak yang menuju daratan terpecah oleh sebuah tanjung.

Oleh penduduk setempat, tanjung tersebut dinamai Tanjung Ahmad. Pecahan ombak ini menggulung hingga ketinggian di atas dua meter. Ombak tersebut terus bergulung-gulung hingga seolah menyedot para peselancar yang mencoba menaklukkannya. Menurut Eldiman, hanya peselancar yang piawai bermain di atas papan selancar saja yang mampu menaklukkan ombak Super Suck Pantai Maluk.

Dengan ombak yang begitu menantang, tak heran jika Pantai Maluk menjadi ajang pamer kemahiran para peselancar yang datang dari berbagai penjuru dunia. Biasanya mereka datang pada saat-saat hari libur. Suasana pantai yang masih tergolong sepi, membuat wisatawan menjadi lebih enjoy. 

Memang dibandingkan dengan obyek wisata pantai di Bali, Pantai Maluk belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Pantai Maluk masih kalah populer dibandingkan dengan Pantai Kuta maupun Pantai Sanur. Padahal dari segi pesona eksotisnya, Pantai Maluk tak kalah. Pasirnya yang putih dan lembut serta matahari yang memancarkan sinar terik, bisa membuat wisatawan betah berjemur. Bagi wisatawan yang tidak ingin berjemur atau berselancar, dapat menghabiskan waktu dengan bermain kano. Setiap kano dapat disewa dengan tarif sebesar Rp 5.000 per jam. 

Selanjutnya yang tidak kalah adalah Pantai Sekongkang yang cantik dan eksotis Mungkin Anda jarang atau bahkan belum pernah mendengar Pantai Sekongkang. Padahal pantai yang berada di sudut Pulau Sumbawa ini sangat cantik dan eksotis. Pesonanya akan memukau siapa saja yang mengunjunginya. Saya sangat takjub waktu pertama kali melihat pantai ini. Saya jamin, Anda pun akan jatuh hati pada pantai ini begitu Anda melihatnya. 

Pantai Sekongkang letaknya tersembunyi di sudut barat daya Pulau Sumbawa, tepatnya di Desa Sekongkang Bawah, Kecamatan Sekongkang, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Untuk menuju pantai ini memang butuh perjuangan. Dari Pelabuhan Poto Tano, di ujung barat Pulau Sumbawa, Anda harus menyusuri jalan berkelok-kelok, naik turun dan kerap berlubang di sana-sini, sejauh 55 km. Namun, semua pengorbanan Anda akan terbayar lunas begitu sampai di Pantai Sekongkang. Pantai berpasir putih bersih nan lembut akan menyambut kedatangan Anda. Air laut sebening kristal berwarna hijau kebiruan pun akan menyegarkan mata Anda. Bukit-bukit yang menjulang tinggi di sekeliling pantai, semakin menambah keeksotisan Pantai Sekongkang ini.

Maluk dan Sekongkang : Daerah ini mengalami perkembangan pembangunan yang luar biasa sejak tahun 1995 dengan konstruksi dan dukungan PT. Newmont Nusa Tenggara perusahaan pertambangan Tembaga/Emas yang berjarak kurang lebih 30 km dari Maluk. Kota Taliwang, Jereweh dan khususnya Maluk telah mendapatkan keuntungan langsung maupun tidak langsung berupa perumahan dan fasilitas-fasilitas bisnis dan pemasukan pendapatan lainnya. Antara lain telah ada ATM-ATM, Bank, Toko, Fasilitas Kesehatan, dll. Dimana tingkatannya telah melebihi tempat-tempat lainnya di Sumbawa. Akomodasi yang disediakan untuk wisatawan adalah hotel-hotel bagus di Maluk dan Sekongkang, yang lengkap dengan restoran dan fasilitas hiburannya. Lebih lanjut terdapat Bandar kecil di Sekongkang dekat dengan Tropical Spa & Resort di pantai Pesin. Penerbangan dengan pesawat amphibi yang terbang setiap hari dari Denpasar atau Mataram ke Benete yang memberikan akses langsung ke tempat ini.

Taliwang dan Jereweh : Taliwang adalah Ibukota Kabupaten. Kota ini tengah banyak melakukan pengembangan dan pembangunan yang juga sejalan dengan pembangunan dari PT. Newmont Nusa Tenggara pertambangan Tembaga/Emas yang berada di Maluk. Wilayah ini signifikan untuk areal pertanian dengan tempat dengan cultural dan arkeologi yang menarik dan daerah pantai yang permai sepanjang rute perjalanan ke Jereweh. Di dekat daerah ini terhampar pantai pasir putih dengan akomodasi yang bagus sampai pantai barat. Di sebelah barat Desa Goa, pantai ke-3 yang paling terkenal di Dunia Internasional berada disini, Sea Reef berlokasi di Pantai jelenga dan memiliki penginapan-penginapan kecil dan beberapa lengkap dengan restorannya.

Berikutnya Danau Lebo Taliwang dengan keanekaragaman flora dan fauna khasnya siap dijelajahi dengan sampan nelayan tradisional. Berjarak 3 KM dari Taliwang dan berada di barat Sumbawa Lebo (danau) Taliwang adalah danau yang memiliki luas sekitar 856 Ha. Danau ini dipenuhi oleh teratai dan memiliki jenis ikan yang khusus. Danau ini banyak dikunjungi sebagai tempat memancing dengan memakai sampan atau untuk tempat rekreasi.
Berikutnya adalah Pantai Poto Batu yang Berlokasi di daerah bagian jereweh, Pantai Poto Batu adalah tempat yang bagus untuk berenang, berlayar atau hanya untuk bersantai sambil melihat pemandangan sekitarnya. Di pantai ini, Anda akan menemukan sebuah batu yang ditengahnya bolong. Setiap akhir pekan, masyarakat sekitar memadati pantai ini untuk berenang. Kenapa Anda tidak coba?




Previous
« Prev Post

1 Komentar

  1. Sungguh indah, sumbawa, lombok, bali memang patut dikunjungi

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.