Jangan terlalu sibuk mengurus dunia hingga lupa bahwa hidup punya batas waktu. Hidup harus seimbang, menabunglah sekarang demi akhiratmu.
Home » » Manfaat Lengkuas Untuk Mengobati Penyakit Kulit

Manfaat Lengkuas Untuk Mengobati Penyakit Kulit

Ahmad Ridwan, Cilincing, Iakarta Utara

Ustad Ahmad Ridwan adalah salah seorang ustad yang malang melintang mengisi ceramah-ceramah agama Islam. la memiliki banyak pengalaman dalam pengobatan menggunakan tanaman obat. Sambil bersandar dan bersila, ia menceritakan berbagai pengalaman dalam mengobati kawan-kawan dan para santrinya, dari penyakit diare, demam, batuk, flu, bisul, perut kembung, dan penyakitpenyakit kulit. Ustad yang berusia 28 tahun ini dengan semangat berkata, "Sesungguhnya Allah SWT menciptakan alam semesta ini sudah sempurna adanya, kenapa harus panik, semua penyakit pasti ada obatnya.

Inti penyembuhan dari semua penyakit adalah masalah keyakinan. Seseorang akan sembuh dari penyakit yang dialaminya tergantung dari seberapa besar ia meyakini akan kebesaran Allah dalam menyembuhkan penyakitnya dan seberapa jauh kesungguhannya dalam melawan penyakit yang dideritanya," demikian kata Ustad dengan nada menasihati. Sejak belajar di pesantren, Ustad Ahmad sudah mulai mengenal dan mengetahui cara pengobatan alamiah. ”Saya bukan seorang pengobat, tetapi saya seorang ustad yang hanya memiliki sedikit pengalaman mengobati penyakit-penyakit ringan," kata ustad yang berwajah tenang dan lembut tersebut menerangkan siapa dirinya.

Ustad Ahmad banyak mengetahui pengobatan tradisional tersebut dari orangtuanya dan dari beberapa kawannya. Sambil menyuguhkan minuman ringan, ia bercerita tentang pengalamannya sewaktu di pesantren dulu. “Mulanya hanya coba-coba, tetapi resep yang saya anjurkan ternyata berkhasiat juga," lanjutnya. Dari beberapa pengalaman yang pemah dilakukannya, lambat laun ia menjadi semakin yakin dengan khasiat tanaman obat, jika santrinya mengalami diare, ia hanya menganjurkan untuk mengonsumsi daun jambu biji dan meminum sedikit madu. Sementara itu, jika mengobati penyakit kulit, Ustad Ahmad menggunakan umbi lengkuas yang diperolehnya dari halaman rumahnya.

Umbi lengkuas yang digunakan Ustad Ahmad adalah umbi lengkuas yang paling besar. Lengkuas dicuci dan dipotong dengan ukuran sekitar 7 Cm. Lengkuas yang telah dipotong ujungnya kemudian dipakai untuk menggosok kulit yang terkena penyakit. Pengobatan dengan cara ini dilakukan 3 kali sehari. ”Dalam waktu kurang lebih 3-5 hari, Insya Allah penyakit kulit tersebut akan hilang. Anda boleh coba, Insya Allah Anda akan merasakan khasiatnya," demikian penjelasan Ustad Ahmad.

Previous
« Prev Post

Berikan Komentar Anda

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.