Jangan terlalu sibuk mengurus dunia hingga lupa bahwa hidup punya batas waktu. Hidup harus seimbang, menabunglah sekarang demi akhiratmu.
Home » » Manfaat Jamur Kuping

Manfaat Jamur Kuping

Dalam risalah pengobatan tradisional. jamur dapat dikonsumsi langsung untuk mengobati penyakit. Begitu pun dengan jamur kuping atau jamur lember. Hal ini terbukti telah dilakukan selama bertahun-tahun di Cina.

Berikut ini merupakan contoh dari beberapa resep terapi yang menggunakan jamur kuping dalam membantu mengatasi berbagai penyakit. Hal ini sebagaimana yang telah dijelaskan oleh sinshe Usen Widjaja. yaitu tentang resep pengobatan masyarakat Cina dengan menggunakan bahan jamur kuping. Begitu juga tentang manfaatnya yang telah diuraikan dalam buku Materia Medica terbitan Cina.

•Mengobati Kurang Darah

Sebanyak 30 gr jamur kuping ditambah dengan 30 buah kurma merah (hung co) dimasak dengan 5 gelas air bersih sampai airnya tersisa segelas. Hasil rebusan jamur tersebut bisa dikonsumsi untuk mengatasi anemia. Upaya terapi ini dapat dilakukan selama beberapa hari hingga kadar eritroisit mulai meningkat dan normal kembali.

•Mengobati Hipertensi dan Atherosklerosis

Jamur kuping yang sudah kering sebanyak 3 gram direndam terlebih dahulu dalam air bersih selama semalaman. Kemudian jamur tersebut dikukus hingga lunak. Setelah itu baru diangkat dan tambahkan gula batu atau gula aren secukupnya. Ini berguna mengobati hipertensi dan atherosklerosis.

•Mengobati Datang Bulan Tidak Lancar

Gunakan kurang lebih 60 gram jamur kuping ditambah dengan gula merah secukupnya. Masaklah campuran tersebut dengan 5 gelas air bersih hingga airnya tinggal segelas. Hasil rebusan jamur tersebut bisa dikonsumsi untuk satu kali makan dalam sehari.

•Mengobati Ambeien atau Wasir

Gunakan sebanyak 30 gram jamur kuping dan 60 gram gula merah. Rebuslah dengan kurang lebih 5 gelas air bersih. Tunggulah hingga masak dan airnya tinggal satu gelas. Setelah agak dingin, lalu segelas air campuran gula merah dan jamur yang tersebut dapat diberikan kepada penderita ambien.

Masakan dari jamur kuping ini, banyak dijumpai di negara-negara yang sudah maju seperti Prancis atau di kedai-kedai makanan Cina. Jamur yang oleh masyarakat Cina dikenal dengan sebutan mon-leh ini. biasanya disajikan dalam resep khusus. seperti cap-cay, tek-wan. tumis jamur kuping dan lain-lain. Bahkan di Eropa, karena jamur kuping termasuk makanan istimewa sehingga dalam pengolahannya pun melibatkan industri makanan kalengan.

Masakan jamur kuping selain dapat dinikmati karena cita rasa dan kelezatannya, juga sangat berguna bagi kesehatan. Namun untuk pengobatan. sebaiknya tidak digoreng ataupun dimasak terlalu matang karena akan menurunkan efektivitas zat-zat yang berkhasiat.

Previous
« Prev Post

Berikan Komentar Anda

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.