Diberdayakan oleh Blogger.

Buku Tamu

Followers

Selasa, 15 Mei 2012

Mengatasi Ngorok atau mendengkur Saat Tidur

Kebiasaan tidur ngorok atau mendengkur seringkali membuat orang lain terganggu. Suara keras yang dikeluarkan saat tidur, membuat orang yang berada di dekat si pendengkur, menjadi sulit memejamkan mata untuk beristirahat. Baca Artikel secara menyeluruh agar mendapatkan Informasi tentang Cara Mengatasi Ngorok atau mendengkur Saat Tidur 
 
Tidur mendengkur atau mengorok adalah salah satu tanda dari terhalangnya pernapasan saat tidur. Hal tersebut seperti yang diungkapkan oleh Arthur Kotch, M.D, Direktur Kesehatan The Sleep Disorders Center di RS Danbury, Connecticut.

Penyebab utama tidur mendengkur salah satunya adalah ketika jaringan-jaringan di balik kerongkongan, yakni lidah dan langit-langit mulut saling bersinggungan, bergetar dan akhirnya memproduksi bunyi dengkuran. Nah, pada kasus lain, persinggungan jaringan-jaringan tadi bisa langsung menghilangkan suplai udara ke dalam tubuh kita. Ini yang disebut sleep apnea, yuitu tubuh mengalami kekurangan oksigen, yang dapat merusak jantung anda.

Orang yang gemuk dengan leher pendek biasanya tidurnya mengorok, karena terdapat pengumpulan lemak yang menghambat saluran nafasnya. Orang kurus pun bisa saja mengorok, terutama jika pada dirinya ditemui kelainan seperti sinusitis , amandel, atau mempunyai kelainan bawaan.

Orang yang tidur mendengkur biasanya sering terbangun di malam hari. Keadaan seperti itu tentu saja bisa berpengaruh buruk pada kesehatan tubuh, karena tidak mempunyai kesempatan untuk istirahat dengan baik. Selain badan mudah lemah, mengantuk sepanjang siang, hal itu juga bisa berpengaruh buruk pada libido.

Cara mengatasi mendengkur atau mengorok

Tidur dalam posisi benar

Dalam hal ini, tidurlah dalam posisi miring agar tak mendengkur. Karena mendengkur biasanya terjadi bila orang tidur dalam posisi terlentang, maka orang terdekat bisa mengurangi kebiasaan itu dengan memiringkan badan pengorok. Tindakan ini dapat mencegah agar lidah tidak jatuh dan menghambat jalan nafas.

Hindari minum alkohol

Hindari minum alkohol, pil-pil penenang atau antithistamin beberapa jam sebelum tidur, yang membuat otot-otot kerongkongan santai sejenak, sehingga menghasilkan dengkuran. Jika Anda masih mendengkur setelah melakukan perubahan di atas, segera periksa telinga, hidung dan tenggorokan pada dokter THT.

Minum Madu

Sebelum tidur sebaiknya meminum beberapa sendok madu. Karena menurut beberapa penelitian, madu bisa membantu menghilangkan kebiasaan mendengkur/ngorok.

Hindari Minum Susu Sebelum Tidur

Jangan mengkonsumsi susu sebelum tidur, karena susu dapat menyebabkan dengkuran. Walaupun susu dapat membantu mengobati insomnia, tetapi tidak baik efeknya untuk yang mempunyai kebiasaan mendengkur.

Atur Posisi Letak Bantal

Atur Posisi Letak Bantal Saat tidur, atur posisi bantal menjadi lebih tinggi. Karena jika posisi bantal rendah atau datar akan menyumbat keluar masuk udara sehingga menimbulkan dengkuran

Diet Sehat 
 
Jika tubuh gemuk, sebaiknya lakukan diet, karena tubuh yang menyimpan banyak lemak bisa bisa menyebabkan dengkuran.

Cobalah bernyanyi

Memiliki hobi bernyanyi bisa membantu Anda terhindar dari masalah mendengkur. Coba Anda cari lagu yang memiliki banyak nada tinggi, dan dendangkan. Meski cara ini mungkin mengganggu orang lain yang mendengar suara nyanyian Anda yang tak merdu, namun dengan bernyanyi akan membantu mengendurkan otot tenggorokan Anda.

Hidup Sehat

Konsumsi makanan yang sehat, banyak minum air putih dan olah raga teratur. Hindari rokok dan minuman beralkohol.

Perhatikan makanan

Anda Rasa lapar biasanya datang tanpa bisa diduga. Bisa saja Anda merasa lapar saat hendak beranjak tidur. Usahakan, agar Anda mengatur waktu makan. Jangan sampai, beberapa jam sebelum tidur Anda menghabiskan makanan ‘berat’ yang mengandung banyak lemak dan karbohidrat. Hindari pula minum produk susu sebelum tidur, karena dapat meningkatkan produksi lendir dalam mulut Anda.

Kurangi berat badan

Kelebihan lemak membuat organ paru-paru dan jantung tertimbun lemak, akibatnya napas Anda kurang lancar. Selain itu, saluran napas juga tidak bekerja optimal.

Hirup uap air sebelum tidur

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan dengkuran adalah dengan menghirup uap air untuk membantu membersihkan rongga hidung, agar Anda dapat bernafas dengan lancar dan lega. Sebelum tidur, cobalah basahkan handuk dengan air hangat dan hirup uapnya. Lakukan cara ini selama 10 menit. Cara ini akan menghilangkan lendir penyebab hidung tersumbat dan menghalau udara kering yang masuk ke rongga hidung.

Senam tenggorokan

Sebelum tidur, lakukan senam tenggorokan untuk menghilangkan dengkuran saat tidur, dengan cara membuka mulut Anda selebar mungkin, dan meregangkan rahang ke satu sisi, yaitu dengan memegang rahang tersebut selama 30 detik. Ulangi cara itu pada rahang lain. Lakukan pula menjulurkan lidah sejauh yang Anda bisa. Cara senam tenggorokan dan lidah ini akan membantu melonggarkan otot tenggorokan Anda.

Cara-cara yang diuraikan di atas sangatlah mudah dilakukan. Selain itu, Anda tidak perlu mengeluarkan dana untuk melakukan itu semua. Tidur yang nyaman dan nyenyak tanpa gangguan ngorok merupakan keinginan semua orang, meski sebenarnya mendengkur bisa menandakan adanya penyakit dalam tubuh orang tersebut. Mendengkur bisa merupakan gejala obstructive sleep apnea (OSA), dimana nafas berulang kali berhenti dan berlanjut saat Anda tertidur. Mereka yang terkena sleep apnea sering merasa sesak dan bangun malam tiba-tiba untuk bernafas, namun biasanya tidak mengingatnya. Gejala ini sering tidak disadari dan dapat menyebabkan kurang tidur, kekurangan oksigen, depresi, dan meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.



Artikel Terkait:

11 komentar

Akangyahya

i like it..

Akangyahya

i like it..

Anonim

tips yang baik..

bajuonlinetoko

Terima Kasih artikel nya bermanfaat sekali untuk suami saya. Oh iya apa mendengkur termasuk penyakit keturunan?

Anonim

Үоur cuггent report features confirmed necessary to myself.

It’s very helρful and you are naturallу really
wеll-infoгmed of thiѕ type. Yοu haѵe exposed my face tо be
аble to vаryіng vieωѕ οn this
particular subject togetheг with intгiquing, notable anԁ solіd articlеѕ.
Also visit my web blog Xenical

Anonim

Your current poѕt оffers proven nеceѕsary tο uѕ.
It’ѕ extremеlу helρful anԁ уou're simply certainly extremely well-informed in this field. You possess popped my personal face to varying views on this subject along with intriguing, notable and reliable articles.
Feel free to visit my web page : Xanax

Anonim

Your own write-up has рrоven uѕeful to us.
It’ѕ quite helpful anԁ you
really are сeгtaіnly rеallу
eхperienced in thіѕ arеa. You haѵе popped mу еyеs
in order to varying οpinion of this kіnd
of matteг using intriguіng anԁ rеliable content material.
My site :: buy viagra Online

Anonim

Τhе wгite-up fеаtuгes established
necesѕaгy to mе. It’ѕ гeallу useful
anԁ you геаlly аге οbѵіously reаllу eԁucated
in thiѕ field. You get oρened my own еyе іn oгdеr
to different thоughts about this kіnԁ of subject matter together
with intriguing аnԁ ѕtгong
ωritten content.
Here is my web blog - Xanax

lingling Susilo

Akanku coba..thx bgt..

lingling Susilo
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
Tidur Mendengkur

sbisa mungkin menghindari kelelahan agar pernafasan berjalan lancar sehingga tdak memungkinkan timbul suara dengkuran.

Poskan Komentar