Diberdayakan oleh Blogger.

Buku Tamu

Followers

Selasa, 09 Oktober 2012

Posisi Tidur Yang Menyehatkan

Posisi Tidur Yang Menyehatkan adalah posisi tidur terbaik dan untuk mendukung agar tidur menjadi nyaman dan menyehatkan disarankan setiap orang tidak makan setidaknya 2 jam sebelum tidur. Tapi jika seseorang terpaksa harus makan dalam periode itu, maka ketahui posisi tidur seperti apa yang baik untuk pencernaan.

Makanan yang dikonsumsi menjelang waktu tidur sebaiknya bukanlah makan berat, tapi cukup cemilan atau makanan ringan saja. Hal ini karena makan sebelum tidur bisa menyebabkan masalah selama tidur dan membuat orang tidak beristirahat dengan nyaman.
 
Tidur adalah suatu kegiatan memejamkan mata untuk mengistirahatkan pikiran, mata, otak dan beberapa organ tubuh lainnya. Namun ternyata tidur bukan perkara memejamkan mata saja. Salah memilih posisi tidur bisa menyebabkan Anda terbangun dalam keadaan pegal atau leher kaku dan sakit.

Selain sangat penting bagi kesehatan, posisi tidur dapat memengaruhi kesehatan seseorang. Untuk menciptakan kualitas istirahat yang maksimal, serta kesehatan tulang punggung yang sehat, perhatikan selalu posisi tidur Anda.

Urusan tidur tak hanya berpengaruh pada kesehatan tulang, tapi juga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Ya, seseorang yang memiliki kualitas tidur yang baik maka tubuhnya pun akan jauh lebih sehat karena tidak rentan terhadap serangan penyakit.

Ada beberapa anjuran mengenai posisi tidur dan pengaruhnya terhadap kesehatan :

1. Posisi tidur yang paling sempurna, sebenarnya posisi di mana tubuh dapat menjadi rileks. Saat tidur, usahakan agar tubuh tidak melengkung karena posisi ini dapat mengganggu sirkulasi jantung dan darah.

2. Saat tidur upayakan pula agar seluruh kepala dan leher tertopang dengan baik, agar Anda tidak menderita sakit pinggang. Misalnya dengan menaruh bantal kecil atau handuk yang digulung di belakang leher, asal tidak terlalu tinggi.

3. Bagi Anda yang ingin mengencangkan otot pipi, tidur telentang sangat disarankan dan dilakukan secara rutin. Sementara yang terbiasa tidur dengan posisi miring, para dokter menyarankan untuk mengambil posisi miring ke kanan agar tidak menekan aliran darah ke jantung.  Tidur dengan posisi miring ke kanan merupakan posisi tidur yang benar dan tepat. Ukuran paru-paru sebelah kiri lebih kecil daripada paru-paru sebelah kanan. Karena itu, jantung menahan beban yang lebih sedikit dan lever pun berada dalam kondisi stabil dan tidak menggantung. Lambung juga berada dalam kondisi nyaman. Posisi seperti ini membantu mempercepat proses pengosongan lambung.

Tidur dengan posisi miring ke kanan merupakan praktik kedokteran yang paling berhasil. Posisi ini juga memudahkan sekresi yang berupa cairan lendir pada bronkus (cabang paru-paru) sebelah kiri.

Ditambah oleh Ar-Rawi, terjadinya pembesaran paru-paru sebelah kiri dan bukan paru-paru sebelah kanan disebabkan oleh posisi bronkus yang berbeda. Bronkus sebelah kanan posisinya menyamping sehingga lendir mudah dikeluarkan, sedangkan bronkus sebelah kiri posisinya vertikal sehingga lendir lebih sulit dikeluarkan sebab harus didorong ke atas. Jika dibiarkan, hal ini dapat mengakibatkan terjadinya penimbunan lendir di batang tenggorokan yang mengakibatkan pula munculnya gangguan pada paru-paru dan organ pengeluaran, seperti ginjal. Karena itu pengobatan paling mutakhir untuk mengatasi masalah tersebut adalah tidur dengan posisi miring ke kanan


Manfaat tidur miring kekanan:


1. Mengistirahatkan otak sebelah kiri
2. Mengurangi beban jantung.
3. Mengistirahatkan lambung.
4. Meningkatkan pengosongan kandung empedu, pankreas.
5. Meningkatkan waktu penyerapan zat gizi.
6. Merangsang buang air besar (BAB).
7. Mengisitirahatkan kaki kiri.
8. Menjaga kesehatan paru-paru.
9. Menjaga saluran pernafasan.

4. Bila tanpa sadar Anda tidur dengan posisi miring ke kiri, agar tidak menekan jantung, dapat disiasati dengan menggunakan bantal yang mengisi ruang kosong antara leher dan kasur. Meski kelihatannya sepele, namun ampuh untuk mengurangi sakit leher.

5. Posisi tidur yang nyaman adalah yang meniru posisi janin di dalam rahim, yaitu dengan sedikit memeluk lutut yang ditekuk mendekati perut.

6. Bila Anda sering tidur dengan posisi tengkurap, sebaiknya segera diubah sebab posisi ini yang paling buruk. Posisi ini menekan lengkungan tulang punggung yang menyebabkan otot tetap tegang selama tidur.

7. Posisi tengkurap juga membuat wajah menjadi sembab dan mata merah, karena dada dan jantung Anda tertekan. Selain itu aliran udara dan darah menuju perut, hati dan orang tubuh lainnya pun menjadi tidak lancar.

8. Hindari tidur dengan wajah menantang lampu, karena akan membuat wajah Anda jadi mengerut saat tertidur pulas.

9. Jangan lupa pula tanggalkan perhiasan dan pakaian dalam  saat tidur, agar darah bisa bersirkulasi baik dan membuat anda tidur semakin nyenyak.

10. Bantal memiliki peranan yang sangat penting. Gunakanlah untuk menopang kepala dan leher dengan baik. Jangan gunakan bantal dengan terlalu tinggi, terlalu padat dan terlalu tipis sebab akan membuat Anda mengalami sakit leher dan peredaran darah ke otak tidak lancar


Artikel Terkait:

1 komentar

agar tidak ngorok atau mendengkur

informasi yang menarik dan sangat lengkap :D

Poskan Komentar