Jangan terlalu sibuk mengurus dunia hingga lupa bahwa hidup punya batas waktu. Hidup harus seimbang, menabunglah sekarang demi akhiratmu.
Home » , » Memulai Bisnis Toko Buku Online

Memulai Bisnis Toko Buku Online


Gambaran Tentang Bisnis ini

Seperti halnya dengan toko buku konvensional, toko buku online juga menjual beragam judul buku, hanya saja sebagai permulaan mungkin kategori buku yang dijual tidak selengkap toko buku offline pada umumnya. Namun seiring dengan perkembangan bisnis, Anda bisa melengkapi judul dan kategori buku yang Anda tawarkan.

Untuk menjalankan bisnis ini jelas dibutuhkan distributor. Kelebihan bisnis toko buku online dibandingkan dengan bisnis lainnya adalah distributor buku memberikan jangka waktu kredit yang lebih lama. Artinya, selama buku belum terjual, maka Anda tidak diwajibkan untuk melakukan pembayaran atas buku tersebut.

Mengingat jumlah buku yang ditawarkan cukup banyak, Anda harus memiliki database agar buku-buku yang Anda jual ter organisasi dengan baik sesual kategorinya.

Modal Awal yang Dibutuhkan

Bisnis toko buku online tentu tidak membutuhkan tempat khusus untuk memajang buku-buku yang akan dijual seperti halnya pada toko-toko buku offline. 
 
Dalam bisnis ini, Anda hanya memerlukan website, koneksi Internet, dan produk yang akan dijual. Khusus untuk membuat website, Anda membutuhkan hosting server dan domain yang biasanya merepresentasi nama toko buku online yang akan Anda bangun.

Selain itu, Anda juga membutuhkan engine shopping cart. Yang paling sederhana adalah dengan memadukan Joomla dan Virtuemart (www.virtuemart.com). Ada juga engine lainnya semacam OSCommerce (www.oscommerce.com) yang dapat diperoleh secara gratis.

Jumlah Pegawai yang Dibutuhkan

Sebagal bisnis online, Anda bisa menjalankan toko buku online ini seorang diri. Segala sesuatu mulai dari menjalin kerja sama dengan distributor, meng-upload foto buku-buku baru, dan menangani pesanan mulai dari mencari buku sesuai pesanan hingga mengirimkannya bisa Anda lakukan sendiri.

Perlu diingat bahwa toko buku online tidak membutuhkan seorang karyawan yang bertugas menjaga toko. Sementara untuk tugas-tugas yang berkaitan dengan administratif seperti membuat database buku dan pembukuan berkenaan dengan keuangan juga bisa Anda tangani sendiri.

Jika tidak mau repot, Anda bisa menyewa satu orang khusus untuk mengambil buku dan distributor dan mengirimkannya ke konsumen jika ada order.

Teknik Marketing dan Promosi yang Digunakan

Untuk melakukan promosi secara gencar, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal, karena Anda bisa mempromosikannya secara online pula. 
 
Salah satu caranya adalah dengan memberlakukan aturan khusus berkenaan dengan transaksi misalnya seperti pembelian di atas Rp 500.000,-, biaya pengiriman gratis, diskon 20% untuk pembelian di atas Rp 500.000,-, dan lain sebagainya.

Hal Penting yang Perlu Diketahui Tentang Bisnis ini

Permasalahan yang sering muncul dalam bisnis toko buku online ini adalah berkenaan dengan pengiriman barang pesanan. Untuk alasan efisiensi, sebagian pelaku bisnis ini baru akan mengirimkan barang setelah pesanan mencapai kuantitas tertentu.

Hal ini tentu saja tidak menguntungkan bagi konsumen, karena akan terjadi keterlambatan pengiriman. 
 
Berkenaan dengan hal tersebut, Anda harus membuat komitmen dan mampu meyakinkan konsumen bahwa pengiriman akan dilakukan secara tepat waktu. Artinya, begitu konsumen membayar atas buku yang dipesannya, maka Anda harus langsung mengirimkannya.

Selain itu, mintalah nilai rabat yang besar kepada distributor atau penerbit secara langsung. Umumnya, mereka memberi rabat 30% dari harga buku untuk toko. Oleh karena itu, jika mereka memberi rabat 30%, maka yang 20% bisa Anda berikan ke pembeli sebagai diskon sementara yang 10% Anda ambil sebagai keuntungan.

Studi Kasus

Untuk menjalankan bisnis toko buku online, sebaiknya Anda tidak hanya menjual buku-buku produksi dalam negeri tetapi juga luar negeri. Hal ini akan semakin memperkaya katalog buku yang Anda tawarkan kepada pasar sasaran Anda.

Salah satu toko buku online yang telah menyediakan beragam kategori buku dan juga produksi baik dalam maupun luar negeri adalah Toko Buku Online Kutu-kutu buku. Kutu-kutu buku pada awalnya dibentuk oleh dua orang kutu buku, yaitu Ollie dan Angel. 
 
Kesamaan hobi membuat keduanya sepakat untuk merintis bisnis toko buku online yang kemudian diberi nama Kutukutubuku.com.

Kutukutubuku.com menjanjikan pelayanan dan pengiriman yang cepat sehingga pelanggan atau konsumen tidak perlu menunggu lama untuk membaca buku murah yang berkualitas. 
 
 
Seiring dengan banyaknya pelanggan kutukutubuku.com, Ollie dan Angel merasa perlu untuk menambah personil yang juga kutu buku. Kini terkumpulah enam personil kutu buku yang mengelola kutukutubuku.com yaitu Ollie, Angel, Henny, Baimm, Ditha, dan Tanti.

Tidak hanya personil yang ditambah, tetapi juga koleksi dan kategori buku yang ditawarkan kepada pelanggan juga bertambah.

Saat ini kurang lebih 30 kategori buku yang disediakan oleh toko buku online ini mulai dari buku fiksi, non-fiksi, bekas, baru, bisnis, psikologi, teknologi, komputer, politik dan hukum, kesehatan, teknik, dan lain sebagainya.

Previous
« Prev Post

Berikan Komentar Anda

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.