Jangan terlalu sibuk mengurus dunia hingga lupa bahwa hidup punya batas waktu. Hidup harus seimbang, menabunglah sekarang demi akhiratmu.
Home » » Penyakit yang Berhubungan dengan Kardiovaskuler

Penyakit yang Berhubungan dengan Kardiovaskuler

Penyakit kardiovaskular adalah penyakit gangguan pada jantung dan pembuluh darah. Karena sistem kardiovaskular sangat vital, maka penyakit kardiovaskular sangat berbahaya bagi kesehatan. Ada banyak Penyakit-penyakit pembuluh darah yang berkaitan erat dengan sistem peredaran darah jantung (cardiovascular) cukup banyak. Dalam hal ini para ahli ada yang menganggap sebagai dampak atau komplikasi, seperti komplikasi keparu, ginjal, dan kencing manis. Penyakit-penyakit yang berhubungan erat dengan sistem kardiovaskuler tersebut sebagai berikut.

a. Jantung Koroner

Jantung koroner terjadi akibat penyumbatan pembuluh darah di dalam arteri koroner (infark miocard) yang disebabkan penyumbatan atau pengapuran kolesterol (arteroscierosis) pada dinding pembuluh darah arten di bagian dalam.

b. Lemah Jantung atau Jantung Mengipas

Lemah jantung atau jantung mengipas diakibatkan katup mitral pada jantung tidak bekerja dengan baik, sehingga suplai darah ke jantung dan paru tidak normal. Penyakit ini sering disertai dengan gejala sesak napas atau lemas. Gangguan terhadap katup mitral ini bisa juga disebabkan penyakit bawaan atau gangguan tekanan darah.

c. Penyakit Jantung Rematik

Penyakit ini terjadi akibat kuman yang mencemari pembuluh darah jantung. Penyakit ini paling banyak diderita golongan masyarakat tidak mampu yang higienitasnya kurang.

d. Penyakit Jantung Hipertensi

Penyakit ini akibat tekanan darah yang meninggi, sehingga jantung menjadi keletihan. Akibat beban yang terlalu berat, jantung bisa mengalaini pembengkakan.

e. Trombosis
Terjadinya gelembung udara di dalam darah menyebabkan penyumbatan berupa trombus di dalam pembuluh darah. Jika terjadi pada pembuluh darah arteri koroner, bisa mengakibatkan infark miocard.

Previous
« Prev Post

Berikan Komentar Anda

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.