Jangan terlalu sibuk mengurus dunia hingga lupa bahwa hidup punya batas waktu. Hidup harus seimbang, menabunglah sekarang demi akhiratmu.
Home » » Mencegah Penyakit Dengan Menjaga Kesehatan Tubuh

Mencegah Penyakit Dengan Menjaga Kesehatan Tubuh

Kesehatan merupakan pemberian termahal dalam kehidupan manusia. Semua pergerakan manusia dibawah kendali kesehatan. Begitu pula dengan agenda maupun aktifitas dapat dikerjakan dengan kesehatan kita. Serta segala sesuatu pekerjaan atau rutinitas manusia amatlah tergantung pada kesehatan.

Gaya hidup yang sudah semakin modern menjadi salah satu faktor merusak kesehatan. Makanan cepat saji, pengawet, berbagai bahan kimia serta berbagai kemudahan yang menjadikan manusia malas bergerak adalah di antaranya. Menjalani Pola hidup sehat merupakan gaya hidup yang selalu memperhatikan seluruh aspek yang mempengaruhi kesehatan tubuh. Tujuan dari dari menjalankan gaya hidup sehat yaitu untuk mencegah berbagai penyakit dan meningkatkan derajat kesehatan

Untuk mengatasi masalah tersebut dihutuhkan kesadaran masyarakat untuk lebih berhati-hati, terutama saat menjelang usia 40 tahun. Masyarakat harus selalu menjaga dan memeriksakan kesehatan secara rutin, di samping harus tahu cara-cara hidup yang sehat. Usaha hidup sehat ini bukan hanya tugas pemerintah dan pengelola rumah sakit, melainkan merupakan tanggung jawab masyarakat itu sendiri. Dalam Seminar Gerakan Hidup Sehat. Di Jakarta pada tahun 1985, telah dirumuskan pedoman hidup sehat. Maksudnya adalah mengonsumsi menu seimbang, tidak merokok, olahraga teratur, istirahat yang cukup, dan menghindani stres.

Tips Menjalani Hidup sehat :

  1. Makanan berlemak tinggi sangat beresiko bagi kesehatan, terutama dari mentega, margarine santan dan dari lemak hewan. Labih baik anda mendapatkannya dari kacang-kacangan atau biji-bijian. Jeroan, otak, kulit ayam dan kuning telur sebaiknya dihindari. Sebaiknya, sebagai sumber protein , anda memilih susu rendah lemak, yogurt, susu kedelai, ikan dan putih telur. Tetapi jika anda menyukai daging pilihlah daging tanpa lemak.
  2. Bahan makanan yang megandung pengawet sebaiknya dihindari. Makanan yang mengandung pengawet dlam jangka panjang dapat memicu kanker. 
  3. Jadikan air putih sebagai minuman favorit. Kondisikan diri anda “anda belum minum jika belum minum air putih”. 
  4. Jika anda menyukai makanan yang berwarna-warni, gunakan dari bahan makanan; warna merah dari strawberry, warna hijau dari daun pandan, warna kuning dari kunyit, warna coklat dari bubuk coklat. Jangan berlebihan menambahkan kecap, saus, garam dan penyedap rasa. 
  5. Buah-buahan dan sayur-syuran harus selalu ada disetiap menu makanan anda.




Previous
« Prev Post

Berikan Komentar Anda

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.