Jangan terlalu sibuk mengurus dunia hingga lupa bahwa hidup punya batas waktu. Hidup harus seimbang, menabunglah sekarang demi akhiratmu.
Home » » Makanan yang Menyehatkan Kandungan Dalam Islam

Makanan yang Menyehatkan Kandungan Dalam Islam

Kesehatan janin adalah hal yang sangat penting dijaga oleh para ibu hamil, karena hal ini merupakan syarat untuk memiliki bayi yang sehat dan cerdas. Berikut ini akan di jelaskan beberapa ajaran Islam tentang cara menjauhkan janin dan anak dari pengaruh buruk yang mungkin timbul sewaktu berada di dalam kandungan.  
 
Para ahli mengatakan bahwa kesehatan janin dalam kandungan tergantung pada kesehatan fisik ibu. Salah satu hal yang mendukung kesehatan ibu adalah makanan yang ia makan. Karena itu, kita saksikan bahwa kelaparan yang melanda beberapa negara berpengaruh besar pada kesehatan anak-anak yang dilahirkan saat itu. Anak-anak tersebut pada umumnya berfisik lemah, mengidap banyak penyakit atau bahkan menderita cacat tubuh, yang kesemuanya itu disebabkan oleh kelaparan atau kekura-ngan gizi ibu-ibu mereka. Keadaan yang sebaliknya akan menghasilkan hal yang sebaliknya pula. 
 
Karena itu, baik Rasulullah SAWW maupun Ahlul Baitnya sangat menekankan pentingnya perhatian terhadap makanan ibu hamil ,khususnya makanan yang berpengaruh pada sisi psikis dan spiritual anak .Beberapa makanan yang dianjurkan untuk dimakan ibu selama masa kehamilan adalah sebagai berikut.  
 
Buah Pir 
Rasulullah SAWW bersabda: Makanlah buah pir karena buah itu dapat membuat terang penglihatan dan menumbuhkan rasa cinta di hati. Dan berikanlah buah ini kepada ibu yang sedang mengandung karena dapat mempercantik anak kalian.
 
Luban atau Kemenyan Arab 
Rasulullah SAWW bersabda: Berilah luban (kemenyan Arab) kepada isteri kalian yang sedang mengandung karena itu dapat mencerdaskan anak yang sedang dikandungnya.
 
Imam Ali bin Musa Ridha a.s. berkata: Berikanlah luban kepada isteri kalian yang sedang mengandung. Jika bayi yang dikandungnya itu laki-laki, maka anak tersebut akan menjadi anak yang cerdas, pandai, dan pemberani. Dan jika bayi yang kandungnya itu perempuan, maka anak itu akan menjadi cantik paras dan budi pekertinya, serta akan dihormati oleh suaminya.
 
Buah Kurma 
Rasulullah SAW bersabda: Berikanlah buah kurma kepada isteri kalian di bulan kesembilan kehamilannya  karena hal itu dapat membuat anak yang ia lahirkan menjadi orang berhati lembut dan bersih. 
 
Para Imam Ahlul Bait a.s. telah membuat daftar menu makanan yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh, seperti yang diriwayatkan dalam kitab-kitab hadis Ahlul Bait, misalnya Al-Kafi dan Makarim Al-Akhlaq .Makanan-makanan tersebut antara lain adalah buah  delima, tin, anggur, kismis ,sayuran, dan jenis buah-buahan yang lain, juga daging, bubur  daging, dan hijau-hijauan.  
 
Di lain pihak, mereka melarang kita untuk memakan makanan yang membahayakan kesehatan seperti bangkai, darah, daging babi, arak ,dan jenis-jenis makanan lain yang  telah dilarang dalam Al-Qur’an dan hadis Nabi SAWW.




Previous
« Prev Post

Berikan Komentar Anda

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.