Jangan terlalu sibuk mengurus dunia hingga lupa bahwa hidup punya batas waktu. Hidup harus seimbang, menabunglah sekarang demi akhiratmu.
Home » » Orang yang Menulis dan Merumuskan Ilmu Kalam

Orang yang Menulis dan Merumuskan Ilmu Kalam

Ketahuilah bahwa Isa ibn Raudhah adalah seorang Tabi'in Syi'ah Imamiyah yang mengarang kitab mengenai prinsip Imamah. Usianya panjang hingga hidup di jaman khalifah Abbasiyah; Abu Ja'far Al-Mansur, bahkan ia menjadi orang kepercayaannya.

Demikian ini lantaran ia adalah budak Bani Hasyim. Dan Isa pula yang menyingkapkan wajah asli Al-Mansur, dan membongkar jati diri, maksud dan sikapnya. Ahmad ibn Abu Thahir telah menyebutkan ciri-ciri kitab kalam Isa di dalam Ta'rikhul Baghdad. Sejauh pengakuannya, Ahmad telah melihat kitab tersebut; sesuai dengan apa yang digambarkan oleh An-Najasyi. Kemudian, Abu Hasyim ibn Muhammad ibn Ali ibn Abu Thalib a.s. mengarang sebuah kitab di bidang ilmu Kalam.

Bisa dikatakan bahwa Abu Hasyim adalah seorang tokoh Syi'ah dan diakui sebagai peletak ilmu Kalam. Beberapa saat sebelum wafatnya, ia menyerahkan kitab-kitabnya kepada Muhammad ibn Ali ibn Abdullah ibn Abbas; seorang Tabi'in dari Abi Hasyim. Sejak itu kaum Syi'ah merujuk kepadanya, sebagaimana dicatat oleh Ibnu Qutaibah dalam Al-Ma'arif. Tentunya, Isa ibn Raudhah dan Abu Hasyim sudah lebih dahulu menulis kitab mengenai ilmu Kalam dibandingkan dengan Abu Hudzaifah dan Washil ibn 'Atha'; seorang imam mazhab Mu'tazilah yang diyakini As-Suyuthi sebagai orang pertama yangmengarang di bidang ini.

Previous
« Prev Post

Berikan Komentar Anda

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.