Jangan terlalu sibuk mengurus dunia hingga lupa bahwa hidup punya batas waktu. Hidup harus seimbang, menabunglah sekarang demi akhiratmu.
Home » » Kitab-kitab Induk Fiqih yang Dikarang oleh Sahabat-sahabat Para Imam Ahlul Bait dari Generasi Pasca Tabi’in

Kitab-kitab Induk Fiqih yang Dikarang oleh Sahabat-sahabat Para Imam Ahlul Bait dari Generasi Pasca Tabi’in

Seperti kitab induk fiqih bernama Jami'ul Fiqh yang dikarang oleh Tsabit ibn Hurmuz Al-Miqdam dari Imam Ali Zainal Abidin a.s., dan kitab Syara'iul Iman, karya Muhammad ibn Al-Mu'afi; budak Imam Ja'far Ash-Shadiq a.s. yang sekaligus belajar pada Imam Musa Al-Kadzim dan Imam Ali Ar- Ridha a.s.

Muhammad wafat pada tahun 265 H. Lalu, kitab Jami' Abwabil Fiqh, karya Ali ibn Abu Hamzah; murid Imam Ash-Shadiq. Adalah Abdullah ibn Al-Mughirah menulis tiga puluh kitab tentang bebarapa bab fiqih, sebagaimana dicatat oleh An-Najasyi. Ia sahabat Imam Al-Kadzim a.s. Lalu, kitab Al-Fiqh wal Ahkam yang dikarang oleh Ibrahim ibn Muhammad ibn Abu Yahya Al- Madani Al-Aslami. Ia wafat pada tahun 184 H.

Lalu, kitab Al-Jamie fi Abwabil Fiqh karya Al-Hasan ibn Ali ibn Abu Muhammad Al-Hijal. Lalu, Al-Jamiul Kabir fil Fiqh, karya Ali ibn Muhammad ibn Syireh Al-Kasyani Abil Hasan yang aktif mengarang kitab. Lalu, sebuah kitab yang disusun menurut urutan bab fiqih yang dikarang oleh Shafwan ibn Yahya Al-Bajali. Ia wafat pada tahun 210 H. Lalu, kitab Al-Masyikhakh yang disusun berdasarkan arti fiqih oleh Abu Ali Al-Hasan ibn Mahbub As-Sarrad; seorang guru besar Syi'ah dan sahabat Imam Ali Ar Ridha a.s.

Ia wafat pada tahun 224 H. Dan terakhir adalah kitab Ar-Rahmah; sebuah kitab tebal yang menghimpun pelbagai cabang ilmu Fiqih dari jalur Ahlul Bait a.s

Previous
« Prev Post

Berikan Komentar Anda

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.