Jangan terlalu sibuk mengurus dunia hingga lupa bahwa hidup punya batas waktu. Hidup harus seimbang, menabunglah sekarang demi akhiratmu.
Home » » Warisan Ahlulbait

Warisan Ahlulbait

Para penganut mazhab Syi'ah meriwayatkan banyak hadis Nabi saw dari jalur imam-imam Ahlulbait, sebagaimana juga meriwayatkan banyak hadits Imam ‘Ali dan para imam lainnya. Dewasa ini, hadis-hadis tersebut merupakan sumber utama fiqh Syi'ah dan berbagai disiplin ilmu lainnya.

Hadis-hadis tersebut antara lain dapat ditemukan pada empat kitab hadis utama yang dikenal dengan nama al-Kutub al-Arbaah atau Kitab Ernpat, yaitu al-Kafi, Man La Yahduruhul-faqih, al-Tahzib, dan al-Istibshar. Akan tetapi sekali lagi perlu ditegaskan bahwa betapa pun hadis-hadis tersebut diriwayatkan oleh kitab-kitab utama tersebut di atas atau oleh kitab-kitab mu'tabar, diakui, lainnya, namun tidak berarti bahwa hadis tersebut dengan sendirinya telah diakui kebenarannya atau valid. Sama sekali tidak Demikian.

Tetapi setiap hadis memiliki sanad, dan untuk menentukan validitasnya perlu diteliti status para perawinya satu persatu. Jika semuanya orang-orang yang dapat dipercaya baru kita anggap hadis tersebut sahih. Diluar itu, hadis tersebut masuk dalam katagori hadits masykuk, yang diragukan, atau hadits dha’if, lemah. Pekerjaan ini biasa dilakukan para ulama, ahli hadis, dan pakar rijal hadis.

Dari sini dapat kita lihat bahwa terdapat perbedaan antara Syi'ah dan Ahlussunnah dalam menghimpun atau jam’ al-ahadits, yaitu bahwa kitab-kitab hadis yang dikenal dengan
nama kitab-kitab hadis sahih atau al-sihah, terutama Sahih Bukhari dan Sahih Muslim, dihimpun oleh para penyusunnya dengan keyakinan bahwa hadis-hadis tersebut sahih, sehingga setiap hadis yang terdapat pada kitab-kitab tersebut dapat mencerminkan aqidah Ahlussunnah.

Tapi tidak demikian dengan hadis-hadis Syi'ah. Para penyusunnya sekedar menghimpun hadis-hadis yang disebut berasal dan Ahlubait. Adapun soal sahih dan tidaknya diserahkan kepada ilm ar-rijal untuk menelitinya. Renungkan!

Previous
« Prev Post

Berikan Komentar Anda

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.