Jangan terlalu sibuk mengurus dunia hingga lupa bahwa hidup punya batas waktu. Hidup harus seimbang, menabunglah sekarang demi akhiratmu.
Home » » Tip Merawat Kesehatan Bibir

Tip Merawat Kesehatan Bibir

Salah satu penghias di wajah kita adalah bibir yang lembut dan berwarna kemerahan. serta membuat waiah kita terlihat lebih manis melalui senyuman. Bibir berperan dalam proses masuknya makanan, memberi ekspresi pada wajah, membantu artikulasi dalam berbicara. maupun dalam cium-mencium. Secara alami, bibir kita berwarna kemerahan. karena tipisnya lapisan kulit pada bibir dan sedikitnya sel pigmen. sehingga pembuluh darah terlihat melalui kulit dan bibir berwarna kemerahan. Kulit bibir tidak memiliki lapisan pelindung dan tidak berkelenjar minyak sehingga mudah kering. Banyak pula hal yang dapat membuat bibir kita kepecah-pecah dan kehitaman. seperti terpaan sinar matahari dan polusi. perubahan cuaca dari panas ke dingin, kurangnya konsumsi air putih. kurangnya nutrisi tubuh serta kebiasaan merokok.

Agar bibir tetap terjaga kelembutan dan kesehatannya, langkah berikut dapat dilakukan:

•Jaga kelembapan dan kelembutan bibir dengan menggunakan lip balm yang mengandung banyak pelembap. minyak alami, vitamin serta pelindung dari sinar matahari. Gunakan setiap keluar rumah ataupun ketika bibir terasa kering, serta di malam hari sebelum tidur.

•Bibir yang kering membuat kita sering menjilatinya agar basah. Padahal. kebiasaan ini iustru membuat bibir semakin kering karena dapat menyapu kelembapan alami bibir. Oleskan saja Pelembap bibir (lip balm) setiap kali bibir terasa kering.

•Kulit bibir sangat lembut. karena itu hindari melukainya dengan menggigit-gigit ataupun menggosok bibir dengan keras.

•Dalam memilih lipstik untuk memberi warna pada bibir, pilihlah yang kandungan pelembapnya besar. Biasanya jenis cair (liquid) lebih banyak mengandung pelembap. Setelah memakai lipstik. bersihkan dengan seksama dan lembut. Bila sulit dibersihkan gunakan bantuan minyak zaitun agar bibir tidak kering atau teriritasi.

•Perbanyak konsumsi makanan mengandung vitamin serta air putih untuk mencegah kekeringan. serta hindari merokok.

Jangan diamkan luka di bibir yang Tidak kunjung sembuh. Luka pada bibir yang disertai demam bisa disebabkan oleh virus, seperti herpes simpleks tipe 1. Luka ini biasanya berupa benjolan atau lepuhan kecil-kecil pada bibir disertai rasa gatal dan nyeri, yang dapat pecah dan mengering. Selain itu, luka atau benjolan pada bibir yang tidak sembuh-sembuh bisa merupakan Tanda keganasan, karena itu segera konsultasikan ke dekter.

Previous
« Prev Post

Berikan Komentar Anda

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.