Jangan terlalu sibuk mengurus dunia hingga lupa bahwa hidup punya batas waktu. Hidup harus seimbang, menabunglah sekarang demi akhiratmu.
Home » » Cara Menghilangkan Bulu-Bulu Mengganggu Di Tubuh.

Cara Menghilangkan Bulu-Bulu Mengganggu Di Tubuh.

Pada dasarnya seperti rambut, bulu merupakan protein keratin yang mulai tumbuh dari bawah permukaan kulit pada akar rambut di dalam folikel. Ada dua jenis rambut atau bulu di kulit. pertama adalah vellus yang lembut, halus dan pendek. Umumnya perempuan memiliki vellus di dada. punggung dan wajah. Tetapi ada iuga rambut atau bulu terminal yang kasar. lebih gelap dan panjang. seperti yang terdapat di kepala kita. Sekitar masa pubertas, bulu terminal mulai tumbuh di ketiak dan kemaluan.

Pada sebagian perempuan. bulu-bulu halus dianggap mengganggu penampilan seperti yang berada di ketiak, kaki. tangan, dan sekitar kemaluan sehingga perlu dibersihkan. Terutama apabila bulu di tubuh berlebih atau dikenal dengan istilah hirsutisme yang bisa disebabkan oleh faktor genetik ataupun akibat masalah hormonal.

Ada beberapa cara membersihkan bulu-bulu mengganggu.

•Mencukur. Mencukur dilakukan menggunakan alat cukur, pada bagian batang bulu di atas permukaan kulit. Biasanya daerah yang dicukur akan bersih selama satu sampai tiga hari sebelum tumbuh kembali. Mencukur mudah dilakukan karena hanya memerlukan alat cukur dan krim pencukur. Tetapi bila tidak dilakukan dengan hati-hati bisa menyebabkan terjadinya luka atau iritasi pada kulit. Ganti selalu alat cukur yang sudah tidak tajam karena dapat melukai kulit. Untuk lebih aman, gunakan alat pencukur listrik.

•Obat penghilang bulu (depilator). Obat jenis ini biasanya berupa krim atau cairan yang dapat menghilangkan bulu dari permukaan kulit. Obat ini dapat bereaksi dengan struktur protein di bulu sehingga bulu terlepas dan langsung dapat dihilangkan dengan diseka atau dilap. Biasanya bulu akan hilang selama beberapa hari hingga dua minggu. Tetapi, berhati-hatilah bila kulitmu sensitif terhadap obat-obatan karena mungkin terjadi reaksi terhadap bahan kimia di obat dan menyebabkan peradangan. Jangan lupa untuk membaca petunjuk dan peringatan produk dengan seksama.

•Waxing. Waxing merupakan teknik pencabutan bulu dengan menggunakan lilin (wax) lengket yang dioleskan pada area kulit yang akan dicabut. Dengan kain khusus. lilin yang sudah mengeras dicabut secara cepat untuk mengangkat bulu sampai ke akar rambut. sehingga bertahan paling lama. yaitu 3 sampai 6 minggu. Biasanya bulu yang tumbuh setelahnya pun lebih halus. tidak sekasar setelah dicukur ataupun dengan obat penghilang bulu. Tetapi bisa menimbulkan rasa tidak nyaman karena terasa cukup sakit ketika wax dicabut dan dapat pula timbul kemerahan atau peradangan sesaat. Waxing bisa dilakukan di salon ataupun di rumah.
•Ada satu lagi tindakan penghilangan bulu yang hasilnya bisa bertahan lama sampai bertahun-tahun atau bahkan permanen, yaitu penghilangan bulu dengan sinar laser. Caranya adalah laser disinarkan pada folikel rambut untuk menghancurkannya sehingga rambut tidak tumbuh kembali. Sayangnya, perawatan ini cukup mahal dan diperlukan beberapa sesi terapi.

Previous
« Prev Post

Berikan Komentar Anda

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.