Jangan terlalu sibuk mengurus dunia hingga lupa bahwa hidup punya batas waktu. Hidup harus seimbang, menabunglah sekarang demi akhiratmu.
Home » » Khasiat jamur Tiram

Khasiat jamur Tiram

Secara umum, jamur tiram memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan beberapa di antaranya yang bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit.

•Meningkatkan Eritrosit

Sel-sel darah merah (Eritrosit) merupalcan komponen penting dan terbesar di dalam darah yang menempati 45-60% dari seluruh total volume darah. Sel-sel ini secara efektif mampu mengangkut oksigen tanpa meninggalkan pembuluh darah serta cabang-cabangnya. Dengan adanya gangguan dalam pembentukan eritrosit ini dapat memicu terjadinya anemia yang berakibat kepada terganggunya transpor oksigen. jamur tiram mengandung sejumlah bahan penting berupa zat besi dan niasin yang berguna dalam pembentukan se1~sel darah merah, antara lain bagi hemoglobin. Baik zat besi maupun niasin merupakan zatzat yang penting dalam penyusunan hem dan globin.

Dalam jamur tiram ini juga terkandung asam folat yang diperlukan dalam sintesis timidin. yang merupakan salah satu bagian dalam pembentukan DNA. Pengolahan jamur dengan melalui perebusan atau pemanasan yang terlampau tinggi dapat merusak kandungan asam folat. sehingga zat ini menjadi inaktif. Kebutuhan terhadap asam folat akan meningkat pada masa kehamilan. masa menyusui (laktasi). hipermetabolisme dan pada penderita kanker.

•Mencegah Kencing Manis

Diabetes mellitus atau kencing manis, adalah suatu bentuk gangguan faal tubuh karena ketidakmampuan tubuh dalam mendayagunakan insulin. Hal ini ditandai dengan adanya peningkatan kadar gula darah dalam air seni, pengeluaran urin yang berlebihan dan peningkatan asupan cairan makanan.

Kandungan serat dalam jamur tiram dapat berpengaruh positif terhadap pencegahan penyakit kencing manis. Dengan peningkatan konsumsi serat, diharapkan membantu perbaikan sensitifitas jaringan ujung saraf terhadap insulin. sehingga bisa mengurangi kebutuhan tubuh akan insulan. Dengan demikian akan membantu tercapainya efek pengaturan kadar gula darah pada pengidap diabetes mellitus.

•Menurunkan Koleslerol

Serat merupakan bagian penting dari sumber makanan nabati yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. juga memiliki peranan penting dalam pemeliharaan kesehatan tubuh dan dapat menekan peningkatan kadar kolesterol darah. Meningkatnya kolesterol LDL adalah salah satu unsur penyebab pengerasan pembuluh darah. Dengan mengkonsumsi serat berkadar tinggi. akan sangat berarti dalam mengeluarkan kolesterol dan menurunkan tingkat kepekatan lemak dalam darah. Serat dalam jamur juga sangat bermanfaat dalam mencegah terserapnya lemak dari makanan yang telah dikonsumsi.

Seperti diketahui. lemak atau kolesterol dalam bentuk lipoprotein yang berkepadatan rendah (low density lipoprotein-LDL) dengan kadar tinggi dapat menjadi penyebab terjadinya penyumbatan pembuluh darah ke jantung. Penyumbatan ini bisa menyebabkan penebalan dan pengerasan (atherosclerosis) juga dapat meningkatnya tekanan darah dan menjadi penyebab timbulnya penyakit jantung koroner. LDL atau yang sering disebut sebagai kolesterol 'jahat' ini dapat diturunkan kadarnya dengan mengkonsumsi banyak serat.

Previous
« Prev Post

Berikan Komentar Anda

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.