Jangan terlalu sibuk mengurus dunia hingga lupa bahwa hidup punya batas waktu. Hidup harus seimbang, menabunglah sekarang demi akhiratmu.
Home » » Cara Aman Belanja Online

Cara Aman Belanja Online

Belanja Online
Saat ini, orang sudah mulai terbiasa berbelanja secara online. Karena itu, situs belanja online terus berkembang. Mulai dari yang menjual alat-alat rumah tangga, hingga liburan ke berbagai lokasi di dunia.

Berbeda dengan cara belanja tradisional, dengan berbelanja secara online, kita tidak perlu repot-repot pergi ke toko dan mengantri saat membayar, sangat praktis, kita dapat berbelanja dimana saja dan kapan saja.

Untuk berbelanja secara online ada baiknya Anda berhati-hati, karena banyak masalah yang sering timbul dari belanja online saat ini, seperti kerusakan barang, barang yang dikirim tidak sesuai dengan barang yang dipesan, atau kualiatas barang yang tidak bermutu yang sengaja dikirimkan oleh penjual, belum lagi risiko pembobolan kartu kredit.

Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati jika ingin berbelanja secara online. Berikut cara aman belanja online agar tidak mudah tertipu.

a. Pastikan komputer yang Anda gunakan aman dan terpecaya. Oleh karena itu, sebaiknya jangan bertransaksi menggunakan komputer orang lain, seperti warnet dan komputer kantor.

b. Analisa terhadap toko online sangat penting dilakukan. Jika memutuskan belanja di toko online yang tidak terlalu dikenal, cobalah untuk menganalisa terlebih dahulu toko online tersebut. Periksalah nomor telepon/ call center penjual dan hubungilah untuk memastikan bahwa situs tersebut benar-benar ada. Mintalah nomer kontak pribadi sebagai alternatif seperti nomer Whatsapp, pin BB, atau Line yang dapat dihubungi.

c. Periksa data lengkap penjualnya, seperti nama, alamat, nomor telepon, dan data bank.

d. Periksa data perusahaan penjual dan lebih baik jika didukung dengan bukti dokumen.

e. Bacalah dan cermatilah aturan dan ketentuan yang berlaku di toko online tersebut, karena Anda akan menemukan berbagai aturan, seperti refund, retur barang, dan lain-lain. Toko yang baik dalam aturannya akan menguntungkan ke dua belah pihak.

f. Periksalah whois record domain penjual dan pastikan data registrasinya sama dengan yang ada di situsnya. Untuk memeriksanya silakan buka situs http://whois.domaintools.com.

g. Mintalah jaminan terhadap barang yang dijual termasuk kualitas barang yang dijanjikan. Biasanya penjual sengaja mengirimkan barang rusak sebelum barang dikirim ke pembeli, jadi kerusakannya tidak terjadi saat pengiriman barang.

h. Lihat testimoni pembeli di toko online tersebut, biasanya pembeli diberi kesempatan untuk memberi ulasan tentang produk yang telah dibeli. Jika ulasan para pembeli bersifat negatif, calon pembeli lain dapat mempertimbangkan apakah mereka memilih penjual ini atau beralih ke penjual yang lain.

i. Pastikan nama pemilik akun bank sama dengan nama penjual yang tertera di situs webnya.
 
j. Hubungi nomor telepon yang diberikan, lalu berbicaralah dengan penjual secara langsung. Yakinkan Anda tidak tertipu.

k. Hati-Hati Dengan Scammer atau penipu online, Jangan mudah tergoda dengan tawaran harganya yang sangat murah. Mudus para Scammer sengaja memancing korbannya lewat harga-harga barang yang murah dan tidak masuk akal. Biasanya mereka mememinta calon pembeli untuk mentransfer uangnya terlebih dahulu, baru barang akan dikirim. Tapi, kenyataannya barang pembeli tidak pernah dikirim. 

l. Jika Anda memutuskan untuk membayar menggunakan kartu kredit atau kartu debet, transaksi Anda akan dilindungi oleh Fair Credit Billing Act (hukum penagihan kredit yang fair). Jika Anda tidak merasa nyaman untuk memberikan nomor kartu kredit atau kartu debet secara online, kirimlah nomor tersebut melalui telepon atau fax perusahaan tersebut.

Mulai sekarang, sebelum mulai belanja, ada baiknya calon pembeli mengetahui cara aman belanja online, agar tidak mudah tertipu dan menyesal di kemudian hari. Terimakasih

Previous
« Prev Post

Berikan Komentar Anda

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.