Jangan terlalu sibuk mengurus dunia hingga lupa bahwa hidup punya batas waktu. Hidup harus seimbang, menabunglah sekarang demi akhiratmu.
Home » » Tips Menonton Tv agar Tidak Merusak Mata

Tips Menonton Tv agar Tidak Merusak Mata

Mata merupakan salah satu anggota Panca indra penglihatan yang sangat penting dalam hal penglihatan. Seperti bagian tubuh lainnya, mata juga bisa mengalami kelelahan dan harus diistirahatkan untuk tetap menjaga kesehatannya.

Salah satu faktor yang sering mengakibatkan mata lelah bahkan kerusakan ialah karena terlalu lama menonton televisi, karena tingkat kefokusan mata yang tinggi dalam waktu lama bisa membuat mata berair atau pedih.

Kelelahan pada mata tidak boleh dianggap sepele dan harus dihindari agar tidak mengalami kerusakan yang membutuhkan penanganan yang serius. Namun bagi anda yang gemar menonton televisi dan tidak mau mengalami kelelahan yang berujung kerusakan pada mata, coba lakukanlah tips di bawah ini:

1) Pencahayaan yang memadai, tidak terlalu besar dan terlalu rendah. Pencahayaan yang terlalu kuat dapat mengurangi kontras di layar dan mengaburkan pandangan. Sebaiknya tidak menempatkan sumber cahaya yang dapat mengakibatkan pantulan di televisi. Sebaiknya warna di sekitar televisi bercorak netral.

2) Sebaiknya cahaya di ruang televisi tidak gelap total. Ruangan yang gelap total mengakibatkan kontras televisi menjadi berlebihan sehingga mengganggu kenyamanan mata. Warna di ruangan tidak menyesuaikan dengan televisi, melainkan televisi yang menyesuaikan kondisi ruangan.

3) Perhatikan jarak menonton. Setidaknya jarak antara mata dan televisi adalah lima kali diameter layar. Pada jarak tersebut, gambar dapat terlihat jelas dan tidak mengganggu mata. Jika sering menonton dalam jarak dekat, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan kesehatan mata. Rabun jauh (miopia) sering terjadi pada anak yang menonton televisi dalam jarak dekat.

4) Pastikan televisi telah diatur dengan baik. Posisi televisi sebaiknya sejajar dengan mata saat sedang duduk sehingga ketika menonton tidak harus mendongak atau membungkuk. Jika posisi TV terlalu tinggi atau rendah, mata akan mudah merasa lelah saat menonton.

5) Jika diharuskan memakai kacamata, gunakan kacamata tersebut saat menonton televisi.

Previous
« Prev Post

Berikan Komentar Anda

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.