Diberdayakan oleh Blogger.

Buku Tamu

Followers

Rabu, 28 Desember 2011

Organ Peredaran Darah Manusia

Organ Peredaran darah manusia menurut saya peribadi patut kita ketahui. Maka saya sedikit menjelaskannya dengan mengambil dari beberapa refrensi.

1.Jantung

Organ tubuh yang berfungsi memompa darah keseluruh tubuh adalah jantung. Jantung manusia terletak di sebelah kiri. Berat jantung manusia dewasa ukurannya kurang lebih 100 gram

2. Pembuluh darah

Pembuluh darah adalah saluran berfungsi sebagai tempat mengalirnya darah dari seluruh tubuh menuju jantung atau sebaliknya.  Pembuluh darah terdiri dari dua arteri dan vena.

Proses Peredaraan Darah Manusia

Peredaran darah pada manusia disebut peredaran darah tertutup karena darah selalu beredar di dalam pembuluh darah. Peredaran darah kecil adalah dari jantung ke paru-paru kemudian kembali ke jantung, sedangkan peredaran darah besar adalah dari jantung ke seluruh tubuh (kecuali paru-paru) dan kembali ke jantung.

Cara Kerja jantung

Cara kerja jantung adalah:

A. Jika kedua serambi jantung mengembang, maka darah dari pembuluh balik akan masuk ke serambi

B. Jika kedua serambi menguncup dan bilik mengembang, maka darah dari serambi masuk ke bilik

C. Jika kedua pembuluh nadi menguncup. Maka darah keluar dari bilik jantung( menuju ke pembuluh nadi. Darah dari bilik kanan mengalir ke pembuluh nadi paru-paru.

Penyakit yang menyerang darah

1.Anemia

Penyakit ini disebabkan karena kurangya darah merah akibat tubuh kekurangan zat besi. Tubuh akan merasa lelah dan lemas, serta jantung berdebar-debar.

2. Leukimia

Penyakit ini terjadi karena produksi sel darah putih yang terlalu banyak. Akibatnya keseimbangan komposisi darah terganggu

3. Hipertensi

Penyakit ini ditunjukkan dengan tingginya tekanan darah jika diukur dengan tensimeter.

4. Penyakit jantung bawaan

Penyakit ini sudah diderita sejak bayi masih dalam kandungan. Penyakit ini biasanya kelainan pada katup jantung

5. Pembuluh nadi mengeras
Penyakit ini berupa dinding pembuluh nadi menebal atau mengeras karena kelebihan kolestrol, lemak dan gula

Memelihara Kesehatan Alat Peredaran Darah

Yaitu dengan menghindari makanan yang mengandung lemak dan kolesterol tinggi,  karena lemak dapat menempel di dinding pembuluh darah sehingga mempersempit pembuluh darah. Penyempitan pembuluh darah dapat mengakibatkan penyakit jantung.

Oleh karena itu biasakan hidup sehat  dengan pola makan seimbang, kegiatan fisik, istirahat dan olahraga yang teratur harus dilakukan dengan seimbang.



Artikel Terkait:

0 komentar

Poskan Komentar