Jangan terlalu sibuk mengurus dunia hingga lupa bahwa hidup punya batas waktu. Hidup harus seimbang, menabunglah sekarang demi akhiratmu.
Home » » Orang yang Mengumpulkan Hadis dan Menyusunnya ke dalam Bab-bab

Orang yang Mengumpulkan Hadis dan Menyusunnya ke dalam Bab-bab

Di antara orang Syi'ah yang pertama kali melakukan proses pengumpulan dan penyusunan itu ialah Abu Rafi'e; budak Rasulullah saw. An-Najasyi di dalam Asma' Mushannifisy Syi'ah, mengatakan: "Dan Abu Rafi'e budak Rasulullah saw. mempunyai kitab As-Sunan wal Ahkam wal- Qodhoya". Lalu ia menyebutkan sanad-sanadnya sampai periwayatan kitab secara bab per bab; mulai dari bab shalat, puasa, haji, zakat dan tema-tema muamalah.

Kemudian dia menyatakan bahwa Abu Rafi'e telah menjadi Muslim secara lebih dahulu di Mekkah lalu hijrah ke Madinah dan ikut bersama Nabi saw. dalam banyak peperangan, dan setelah wafat beliau, ia menjadi pengikut setia Ali ibn Abi Thalib a.s. Abu Rafi'e tergolong sebagai orang Syi'ah yang saleh, dan turut terjun di dalam peperangan bersama Ali ibn Abi Thalib a.s. Ia juga dipercayai sebagai pemegang kunci Baitul Mal di masa kekhalifahan Ali ibn Abi Thalib di Kufah.

Abu Rafi'e meninggal pada tahun 35 H., sesuai dengan kesaksian Ibnu Hajar di dalam At- Taqrib, di mana ia telah membenarkan tahun wafatnya di awal kekhalifahan Ali ibn Abi Thalib a.s. Atas dasar ini, menurut ijma' para ulama, tidak ada orang yang lebih dahulu dari Abu Rafi'e dalam upaya mengumpulkan hadis dan menyusunnya secara bab perbab. Karena, nama-nama yang disebutkanmengenai penghimpun hadis, semuanya muncul di pertengahan abad kedua.

Sebagaimana yang dicatat di dalam At-Tadrib oleh As-Suyuthi dan dinukil oleh Ibnu Hajar di dalam Fathul Bari, bahwa orang pertama yang mengumpulkan dan menyusun hadis-hadis berdasarkan perintah Umar ibn Abdul Aziz adalah Ibnu Syahab Az-Zuhri. Segera Ibnu Syahab memulai tugasnya di awal abad kedua Hijriyah, lantaran Umar ibn Abdul Aziz menjadi khalifah pada tahun 98 H. atau 99 H., dan meninggal pada tahun 101 H. Di dalam kitab Ta'sisusy Syi'ah li Fununil Islam, kami secara khusus memberikan catatan-catatan kritis terhadap apa yang diterangkan oleh Ibnu Hajar Asqolani.


Tulisan ini diambil dalam buku ( Peradaban Syiah Dan Ilmu Keislaman Karya Ayatullah Sayyid Hasan Ash-Shadr)

Previous
« Prev Post

Berikan Komentar Anda

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.