Jangan terlalu sibuk mengurus dunia hingga lupa bahwa hidup punya batas waktu. Hidup harus seimbang, menabunglah sekarang demi akhiratmu.
Home » » Orang Pertama yang Menyusun Ilmu Rijal dan Riwayat Hidup Para Perawi

Orang Pertama yang Menyusun Ilmu Rijal dan Riwayat Hidup Para Perawi

Ketahuilah bahwa Abu Abdillah Muhammad ibn Khalid Al-Barqi Al-Qummi adalah seorang sahabat Imam Musa ibn Ja'far Al-Kadzim a.s., sebagaimana Syeikh Abu Ja'far Ath-Thusi mencatat hal ini di dalam kitab Ar-Rijal. Dan Abul Faraj Ibnu Nadim di dalam Al-Fehrest, di awal bagian kelima pasal keenam mengenai riwayat tokoh-tokoh fiqih Syi'ah menyebutkan karya Al-Barqi di bidang ilmu Rijal. Di sana ia mengatakan: "Dan di antara karya-karya Al Barqi adalah Al-'Awidh, At-Tabshiroh dan Ar-Rijal.

Di dalam kitab terakhir ini, ia menyebutkan nama nama yang meriwayatkan hadis-hadis dari Amiril Mukminin Ali bin Abi Thalib a.s." Setelah Al Barqi ialah Abu Muhammad Abdullah ibn Jablah ibn Hayyan ibn Abhar Al-Kinani. Ia mengarang kitab Ar-Rijal. Abdullah Al-Kinani berusia panjang dan wafat pada tahun 219 H. As Suyuthi dalam Al-Awail mengatakan: "Orang pertama yang membahas ilmu Rijal ialah Syu'bah." Jelas, bahwa Syu'bah datang setelah Abdullah ibn Jablah, karena yang pertama wafat pada tahun 260 H.

 Bahkan setelah Abdullah ibn Jablah dan sebelum Syu'bah, terdapat sahabat Imam Al-Jawad a.s. yang bernama Abu Ja'far Al-Yaqthini. Ia menulis Kitabur Rijal, sebagaimana yang dicatat oleh An-Najasyi di dalam Al-Fehrest dan Ibnu Nadim di dalam Al Fehrest. Saya bubuhkan di sini, bahwa Abu Abdillah Muhammad ibn Khalid Al-Barqi juga seorang sahabat imam Ahlul Bait, yaitu Imam Musa Al-Kadzim a.s. dan Imam Ali Ar-Ridha a.s. Bahkan, ia juga sempat menjumpai Imam Muhammad Al-Jawad a.s. Kitab Al-Barqi masih terjaga utuh dan tersedia sampai sekarang. Di dalamnya disebutkan nama perawi-perawi yang meriwayatkan hadis dari Ali bin Abi Thalib a.s. dan perawi-perawi setelah mereka.

Kitab itu juga memuat tema penting Rijal mengenai Al-Jarah wat Ta'dil (penilaian kritis atas ihwal kehidupan para perawi), sebagaimana yang juga dibahas oleh semua kitab Rijal. Lalu, Abu Ja'far Ahmad ibn Muhammad ibn Khalid Al-Barqi yang mengarang kitab Ar-Rijal dan kitab Ath Thabaqot. Abu Ja'far wafat pada tahun 274 H. Lalu, Syeikh Abul Hasan Muhammad ibn Ahmad ibn Dawud ibn Ali Al-Qummi yang dikenal juga dengan Ibnu Dawud; seorang ulama terkemuka Syi'ah. Ia mengarang kitab Al-Mamduhin wal Madzmumin minar Ruwat, dan wafat pada tahun 368 H.

Lalu, Syeikh Abu Ja'far Muhammad ibn Babaweih Ash-Shoduq yang mengarang kitab Ma'rifatur Rijal dan Kitabur Rijalil Mukhtarin min Ashabin Nabi saw. Ia wafat pada tahun 381 H. Lalu, Syeikh Abu Bakar Al-Ji'ani yang dinyatakan oleh Ibnu Nadim bahwa ia merupakan salah seorang ulama besar Syi'ah. Al-Ji'ani mengarang kitab Asy-Syi'ah min Ashabil Hadits wa Thabaqotuhum.

Tentang kitab ini, An-Najasyi mengatakan bahwa kitab itu dikarang dalam ukuran besar. Lalu, Syeikh Muhammad ibn Baththah yang mengarang kitab Asma' Mushannifisy Syi'ah, dan wafat pada tahun 274 H. Lalu, Syeikh Nashr ibn Ash-Shabah Abul Qosim Al-Balkhi; guru Syeikh Abu Amr Al-Kasyi. Ia mengarang kitab Ma'ri-fatun Naqilin min Ahlil Miah Tsalitsah.

Ia wafat pada tahun pada abad ketiga Hijriyah. Lalu, Ali ibn Al-Hasan ibn Fidhal; pengarang kitab Ar-Rijal. Ia berada di generasi sebelum Syeikh Nashr Al-Balkhi. Lalu, Sayyid Abu Ya'la Hamzah ibn Al-Qosim ibn Ali ibn Hamzah ibn Al-Hasan ibn Ubaidilah ibn Al-Abbas ibn Ali ibn Abu Thalib a.s., yang mengarang kitab Man Rowa 'an Ja'far ibn Muhammad minar Rijal.

An-Najasyi mengatakan: "Kitab ini bagus, dan At-Tal'akbari meriwayatkan sertifikat pengakuan dan pengesahan darinya". Hamzah ibn Qosim adalah ulama Syi'ah abad ketiga Hijriyah. Lalu, Syeikh Muhammad ibn Al-Hasan ibn Ali Abu Abdillah Al-Maharibi yang menyusun kitab bagus yang berjudul Ar-Rijal min Ulama Tsalitsah. Lalu, Al-Musta'thof Isa ibn Mehran; pengarang Kitabul Muhadditsin. Isa termasuk ulama terdahulu Syi'ah, demikian dicatat oleh Syeikh Ath-Thusi di dalam Al-Fehrest.

Berikutnya, di dalam kitab Ta'sisusy Syi'ah li Fununil Islam, saya telah mengulas karangankarangan Syeikh Ath-Thusi, An-Najasyi, Al-Kasyi, Allamah ibn Al-Muthahhar Al-Hilli, Ibnu Dawud dan generasi-generasi yang mengarang kitab tentang ilmu Rijal. Dan hingga kini, semua karya mereka masih menjadi rujukan dalam upaya menilai kualitas pribadi para perawi (Al-jarah wa Ta'dil). Perlu dibubuhkan di sini, bahwa Abul Faraj Al-Qannani Al-Kufi; guru An-Najasyi, mempunyai karangan di bidang ini, berjudul Kitab Mu'jam Rijalil Mufadhal, dan menyusunnya sesuai dengan urutan huruf Hijaiyah.

 

Tulisan ini diambil dalam buku ( Peradaban Syiah Dan Ilmu Keislaman Karya Ayatullah Sayyid Hasan Ash-Shadr)

Previous
« Prev Post

Berikan Komentar Anda

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.