Jangan terlalu sibuk mengurus dunia hingga lupa bahwa hidup punya batas waktu. Hidup harus seimbang, menabunglah sekarang demi akhiratmu.
Home » » Orang Pertama yang Mengarang Kitab Mengenai Ilmu Thabaqot

Orang Pertama yang Mengarang Kitab Mengenai Ilmu Thabaqot

Ketahuilah bahwasanya orang pertama yang mengarang kitab di bidang Thabaqot (Ilmu tentang generasi dan kelas para perawi hadis) ialah Abu Abdullah Muhammad ibn Umar Al-Waqidi yang lahir pada tahun 103 H. Usianya mencapai 78 tahun. Dalam Al-Fehrest, Ibnu Nadim member kan kesaksian tegas atas karangan Al-Waqidi di bidang ini, tepatnya di pasal keempat dari bab kedelapan sebagaimana akan datang uraian rincinya.

Ada pula Ibnu Al-Ju'abi Al-Qodhi Abu Bakar Amr ibn Muhammad ibn Salam ibn Al-Barra'. Ia masyhur dengan nama nasabnya; Ibnu Ju'abi. Ibnu Al-Ju'abi menulis Kitabusy Syi'ah min Ashabil Hadis wa Thabaqotihim dengan ukurannya yang besar dan tebal. Ibnu Al-Ju'abi juga menulis kitab Al-Mawali wal Asyraf wa Thabaqotuhum, Man Rowal Hadits min Bani Hasyim wa Mawalihim, Akhbaru Ali Abi Thalib, dan kitab Akhbaru Baghdad wa Thabaqotuhum wa Ashabul Hadits. Ibnu Nadim mengatakan di dalam Al-Fehrest: "Ibnu Al-Ju'abi adalah seorang ulama terhormat Syi'ah.

Ia telah menjumpai penguasa masa itu, yaitu Saifuddaulah, dan mendekatinya hingga menjadi orang khususnya." Saya katakan bahwa sejumlah ulama besar Syi'ah telah meriwayatkan hadis dari Ibnu Al- Ju'abi, seperti Syeikh Mufid. Ibnu Al-Ju'abi wafat pada abad keempat, tepatnya pada tahun 355 H. Ulama Syiah lain yang mengarang kitab di bidang ilmu Thabaqot ialah Syeikh Abu Ja'far Ahmad ibn Muhammad ibn Khalid Al-Barqi, penulis Al-Mahasin.

Ia mengarang Kitabut Thabaqot, Kitabut Tarikh, Kitabur Rijal. Abu Ja'far Al-Barqi wafat pada tahun 274 H, dikatakan pula pada tahun 280 H

 

Tulisan ini diambil dalam buku ( Peradaban Syiah Dan Ilmu Keislaman Karya Ayatullah Sayyid Hasan Ash-Shadr)

Previous
« Prev Post

Berikan Komentar Anda

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.