Jangan terlalu sibuk mengurus dunia hingga lupa bahwa hidup punya batas waktu. Hidup harus seimbang, menabunglah sekarang demi akhiratmu.
Home » » Memelihara Kesehatan Tulang

Memelihara Kesehatan Tulang

Tanpa tulang apalah artinya tubuh ini. Meleyat sana meleyot sini. Oleh karena itu, jagalah alat penjaga tegaknya tubuh ini (sama dengan mencegah osteoporosis atau mencegah kelainan tulang lainnya) dengan cara berikut ini.

I. Olahraga teratur dan jangan berlebihan, latihan beban (jangan terlalu berat dan berlebihan) untuk memperkuat tulang. Misalnya, ambil barbel 1,2 sampai 5 kg untuk berlatih.

2. Biasakan berdiri dengan posisi tubuh tegak searah dengan sumbu bumi. Berdiri dengan gaya seperti ini akan membuat tulang belakang Anda lebih tegap, sehat, dan terhindar dari kelainan-kelainan. Sementara posisi membungkuk, miring ke kiri-kanan, atau agak melengkung ke belakang cenderung membuat tulang belakang Anda mudah terkena kelainan.

3. Minum susu teratur, dari susu yang biasa saja dan rendah lemak. Susu tinggi kalsium sebaiknya diminum di bawah pengawasan dokter. jika terlalu berlebih, dikhawatirkan dapat menyebabkan kondisi hiperkalsimia yang membahayakan jantung. Ingat, mineral tubuh, seperti Na (Natrium). Ca (kalsiium), dan K (kalium) adalah golongan trace elements, yaitu dibutuhkan dalam jumlah sangat sedikit dan dapat dipenuhi dari makanan kita sehari-hari.

4. Penuhi kalsium dari makanan alami, seperti produk susu rendah lemak, ikan salmon dan sarden, kacang dan kecambah, kedelai, brokoli, dan sayuran hijau. Kebutuhan kalsium wanita pramenopause adalah 1000 mg/hari dan 1500 mg/hari setelah menopause. Batasi konsumsi kalsium tidak lebih dari 1500 mg/hari.

4. Hindari merokok dan kurangi konsumsi sodium atau garam.

5.Berjalan atau berjemur sebentar di bawah matahari pada pukul 09.00-10.00 untuk membentuk vitamin D di kulit yang mencegah rakhitis (radang tulang) dan osteoporosis (pengeroposan tulang).

6. Ambil olahraga jalan kaki sebagai salah satu olahraga terbaik untuk pencegahan osteoporosis, terutama osteoporosis bagian ekstremitas bawah (kaki).

7. Boleh sesekali memakan tulang rawan atau kolagen dari tulang sapi atau ayam. Tulang rawan ini mengandung sel-sel pembentuk tulang (osteosit) dan ckondroitin sulfate  yang juga dapat membantu mengurangi kemungkinan osteoporosis.

8. Gunakan terapi penggantian estrogen untuk mencegah osteoporosis, terapi harus di bawah pengawasan dokter.

Previous
« Prev Post

Berikan Komentar Anda

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.