Jangan terlalu sibuk mengurus dunia hingga lupa bahwa hidup punya batas waktu. Hidup harus seimbang, menabunglah sekarang demi akhiratmu.
Home » » Lokasi Kandang Itik yang cocok

Lokasi Kandang Itik yang cocok

Usaha pemeliharaan itik secara intensif umumnya dapat dilakukan di mana saja. Namun. lokasi kandang yang ideal untuk budi daya itik adalah jauh dari suara bising, berdrainase baik. mudah transportasinya, dan mudah mendapatkan air bersih.

Selain itu, dalam pemeliharaan itik diperlukan sarana dan prasarana pendukung agar itik mampu berproduksi tinggi, mudah pengelolaannya, dan mudah dikontrol kesehatannya. Pasalnya, perkandangan adalah sarana utama dalam budi daya itik secara intensif. itik yang bisa beristirahat tenang produktivitasnya akan lebih tinggi dibandingkan dengan itik yang berada di keramaian.

Karena itu, ruangan kandang harus dibuat senyaman mungkin. Berikut ini aneka tip yang bisa dilakukan agar itik merasa nyaman di dalam kandang.

1. Buatlah bentuk atap yang mampu menahan tampias hujan dan terik matahari.
2. Bangunan kandang sebaiknya membujur dari timur ke barat.
3. Model atap kandang dibuat sedemikian rupa, sehingga mampu mengurangi timbulnya bau dan panas agar itik terhindar dari serangan penyakit.
4. Luas kandang cukup memadai untuk peternakan.
5. Tempat minum diletakkan agak ke dalam, sehingga itik dapat mencelupkan kepalanya sewaktu-waktu.
6. Bahan baku atap bisa berupa genteng, asbes, plastik, atau rumbia. Namun, atap rumbia paling disukai peternak. Selain harganya murah, rumbia juga dapat menahan panas.
7. Agar peternak mudah mengontrol itik, sebaiknya tinggi atap kandang 2,5-3 meter dari lantai.

Previous
« Prev Post

Berikan Komentar Anda

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.