Jangan terlalu sibuk mengurus dunia hingga lupa bahwa hidup punya batas waktu. Hidup harus seimbang, menabunglah sekarang demi akhiratmu.
Home » » Jenis Makanan Merpati

Jenis Makanan Merpati

Merpati sangat bergantung pada manusia. Merpati biasa mendapatkan makanan dari manusia. Tempat tinggal merpati juga dibuatkan oleh manusia atau si peternak. Walaupun telah dipelihara di dalam kandang atau pagupon dan diberi makanan dan minuman yang cukup, sifat liar merpati tetap tampak dominan. Merpati sering terbang jauh mengembara mencari pasangan dari kelompok lain dan berpindah ke pagupon lain yang bukan rumahnya.

Perpindahan itu karena si jantan tertarik pada betina dari kelompok lain. Merpati termasuk jenis burung pemakan biji-bijian, seperti gandum, cantel. jewawut, beras. jagung, gabah, kacang panjang, kacang tanah, dan Merpati juga membutuhkan sejumlah vitamin dan mineral yang khusus untuk burung. Untuk melancarkan pencernaan terkadang perlu diberi butiran kulit kerang atau tiram sebagai makanan berbentuk grit.

Di dalam lambung pengunyah pada merpati terkadang sudah terdapat kerikil kecil-kecil atau butiran-butiran pasir. Benda-benda tersebut sengaja ditelannya untuk membantu pencernaannya. Jadi jangan heran apabila melihat burung-burung merpati sedang mematuk batu-batu kerikil atau butiran pasir bahkan pecahan genteng dan kulit kerang di tanah lapang. Semua itu merupakan kebutuhan pokok bagi merpati itu sendiri.

Previous
« Prev Post

Berikan Komentar Anda

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.