Jangan terlalu sibuk mengurus dunia hingga lupa bahwa hidup punya batas waktu. Hidup harus seimbang, menabunglah sekarang demi akhiratmu.
Home » » Orang yang Mengarang di Bidang Ilmu Klasik (Al-Awail)

Orang yang Mengarang di Bidang Ilmu Klasik (Al-Awail)

Ketahuilah! Bahwa orang pertama yang mengarang kitab di bidang ini ialah Hisyam bin Muhammad ibn As-Saib Al-Kalbi. Ia wafat pada tahun 205 H. Sebagian ahli mengatakan bahwa orang yang pertama kali menyusun ilmu Al-Awail ialah Abu Hilal Al-Askari, penulis Kitab Ash-Shina'atain, dan wafat pada tahun 390 H. Kitab itu diringkas oleh As-Suyuthi dan dinamainya dengan judul Al-Wasail, yaitu ringkasan Al-Wasail tentang Al-Awail. Namun, ini tidaklah benar, karena Ibnu Nadim dalam Al-Fehrest telah menyebutkan bahwa kitab Al-Awail adalah salah satu karya Hisyam Al-Kalbi.

Silakan merujuk ke sana! Lagi pula, kepeloporan dalam penyusunan kitab di bidang itu tetap saja berada pada kaum Syi'ah, karena Abu Hilal Al-Askari juga dari kaum Syi'ah, sebagaimana yang telah saya analisa di dalam catatan kaki atas Ath-Thabaqot karya As-Suyuthi. Silakan merujuk ke sana! Dalam kitab Ta'sisusy Syi'ah li Fununil Islam, saya telah membawakan nama-nama sekelompok dari para pakar ilmu Arkeologi, Rijal dan Sejarah. Di sini, untuk menyederhankan buku, saya tidak melakukan itu.

Previous
« Prev Post

Berikan Komentar Anda

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.