Jangan terlalu sibuk mengurus dunia hingga lupa bahwa hidup punya batas waktu. Hidup harus seimbang, menabunglah sekarang demi akhiratmu.
Home » » Orang Pertama dari Kaum Syiah yang Menyusun Kitab Hadis Setelah Pertengahan Abad Kedua

Orang Pertama dari Kaum Syiah yang Menyusun Kitab Hadis Setelah Pertengahan Abad Kedua

Terdapat sekelompok sahabat Imam Ja'far Ash-Shadiq a.s. yang meriwayatkan hadis dari beliau dan menghimpunnya ke dalam empat ratus kitab dengan judul Al-Ushul. Syeikh Imam Abu Ali Al-Fadhl ibn Al-Hasan Ath-Thabarsi dalam kitabnya, A'lamul Wara', mengatakan: "Dinukil secara hampir mutawatir oleh banyak kalangan, bahwa orang-orang yang meriwayatkan hadis dari Imam Ja'far Ash-Shadiq a.s. adalah mereka yang tergolong dari tokoh-tokoh besar yang jumlah mereka mencapai empat ribu.

Lalu, mereka menyusun hadis-hadis tersebut ke dalam empat ratus kitab yang dikenal di tengah kaum Syi'ah dengan nama Al-Ushul. Kemudian, kitab ini diriwayatkan oleh sabahat-sahabat Imam Ash-Shadiq a.s. dan oleh para sahabat putra beliau; Imam Al-Kadzim a.s." Abul Abbas Ahmad ibn 'Uqdah telah menulis sebuah buku terpisah dengan judul Kitabu Rijali Man Rowa 'an Abi Abdillah Ash-Shadiq. Kitab ini secara khusus menghimpun nama-nama mereka yang meriwayatkan hadis dari Imam Ja'far Ash-Shadiq a.s.

Bahkan, Syeikh Abu Ja'far Ath-Thusi menyebutkan dan menghitung karangan-karangan mereka masing-masing dalam bab 'Ashabu Abi Abdillah Ash-Shadiq' dari kitabnya; Ar-Rijal, yaitu kitab yang disusun menurut nama-nama sahabat setiap dua belas imam a.s.

 

Tulisan ini diambil dalam buku ( Peradaban Syiah Dan Ilmu Keislaman Karya Ayatullah Sayyid Hasan Ash-Shadr)

Previous
« Prev Post

Berikan Komentar Anda

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.