Jangan terlalu sibuk mengurus dunia hingga lupa bahwa hidup punya batas waktu. Hidup harus seimbang, menabunglah sekarang demi akhiratmu.
Home » » Khasiat dan Manfaat Daun Mimba

Khasiat dan Manfaat Daun Mimba

Selain biji, daun mimba pun mempunyai manfaat yang sangat banyak terutama dalam dunia kesehatan. Namun, penggunaannya secara tradisional di Indonesia justru kurang populer. Informasi mengenai penggunaan daun mimba secara tradisional masih sangat terbatas. Penyebabnya adalah masih sedikit hasil penelitian yang mendukung penggunaan mimba sebagai tanaman obat diinformasikan kepada masyarakat. Akibatnya, tanaman obat berkernbang secara turun menurun hanya berdasarkan pengalaman.

Seiring dengan semakin berkembangnya penggunaan tanaman obat dalam dunia kesehatan dengan semboyan back to nature, keingintahuan masyarakat terhadap khàsiat dan manfaat tanaman obat pun semakin berkembang. Informasi penggunaan tanaman obat berdasarkan pengalaman saja dinilai belum cukup. Karena itu, penjelasan singkat berkaitan dengan hasil penelitian mengenai tanaman obat, khususnya mimba, dinilai penting untuk diinformasikan.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dan daerah Situbondo, penduduk setempat mengungkapkan bahwa seduhan daun mimba jika diminum menyebabkan nyamuk tidak berani menggigit. Informasi lain yang mendukung pemanfaatan daun mimba diperoleh juga dari negara tetangga yang memiliki populasi mimba terbesar di dunia, India. Di negara ini, daun mimba sudah dicantumkan dalam buku resmi mengenai obat-obatan dan bahan alam. Begitu juga artikel-artikel ilmiah terutama dan para penulls India telah banyak mengungkap berbagai aktivitas farmakologi daun mimba.

Previous
« Prev Post

Berikan Komentar Anda

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.