Jangan terlalu sibuk mengurus dunia hingga lupa bahwa hidup punya batas waktu. Hidup harus seimbang, menabunglah sekarang demi akhiratmu.
Home » » Etika Moral dan Politik

Etika Moral dan Politik

Reporter:
Anda yang mengemukakan bahwa Iran tidak ingin malangkah untuk berperang. Adakah anda berusaha ingin ada dialog dengan pihak Amerika, dan ini akan bermanfaat bagi anda? Adakah tuntutan damai anda dengan seluruh negara tetangga anda, termasuk Israil?

Reporter:
Trimakasih anda dapat berbicara dengan kami. Hanya anda seorang yang diinginkan oleh orang-orang lain untuk mewawancarai anda minggu ini diradio New York. Apa yang anda rasakan?

Presiden:

Tidak ada rasa khusus, akan tetapi saya merasa  bahagia, karena bisa berjumpa dengan banyak teman.

Reporter:
saya juga mengucapkan terimakasih dari kesempatan baik ini. Bisakah anda memberi tahu kepada kami tentang politik luar negeri Iran? Apakah anda berkenan menjelaskan tujuan politik luar negeri anda itu apa?

Presiden:
tujuan-tujuan politik luar negeri kami adalah sangat jelas sekali. Kami menginginkan perdamaian dan keamanan yang tangguh untuk seluruh dunia kita. Dan saya rasa kedamaian dan keamanan yang kokoh itu dapat terealisasi melalui dasa-dasar ketuhanan dan keadilan. Saya pikir akar problematika juga berada pada dua titik poin ini, yaitu jauh dari penyembahan kepada Tuhan dan keadilan. Datangkan dua hal ini, maka cinta kasih dan persaudaraan juga akan datang dengan sendirinya. Kami selalu menuntut hubungan kasih sayang dengan seluruh masyarakat. Suatu hubungan yang akan membantu kemajuan dan persaudaraan secara bersama-sama.

Reporter:
Anda yang mengemukakan bahwa Iran tidak ingin malangkah untuk berperang. Adakah anda berusaha ingin ada dialog dengan pihak Amerika, dan ini akan bermanfaat bagi anda? Adakah tuntutan damai anda dengan seluruh negara tetangga anda, termasuk Israil?

Presiden:
Baiklah, kita ini tidak bertetanggaan secara langsung dengan Zionis, akan tetapi kami punya hubungan historis dan persahabatan dengan para tetangga kami.

Jika tidak digerakkan dan dibantu oleh sebagian negara-negara barat, maka Saddam juga tidak akan melakukan penyerangan kepada kami, dan peperangan tidak akan pernah terjadi. Karena hubungan antara masyarakat kami dengan masyarakat Irak sudah cukup lama dan bersahabat. Kami ingin meminimalisir pertikaian. Pengambilan posisi kami hanyalah demi mewujudkan keadilan.

Untuk memberikan solusi berbagai problema didunia kami memiliki usulan yang sangat jelas sekali. Yaitu jalan yang manusiawi dan berasaskan pada keadilan. Kami tidak bersepakat dengan peperangan. Saya pikir problema dunia ini dapat diselesaikan melalui dialog. Dengan syarat kedua belah pihak harus diikat dengan aturan-aturan dan keadilan. Yang jelas kami bukan penanggung jawab pajak orang lain. Nasihat-nasihat yang kami tujukan kepada orang-orang pemerintah Amerika dalam tema Irak, Lebanon dan Palestina adalah dalam rangka mewujudkan perdamaian yang kokoh.    
Kami sangat bersedih dan tidak rela orang-orang terbunuh setiap hari, ketidak amanan, bahaya dan ancaman untuk beberapa tempat tertentu didunia telah menghakiminya. Ini merupakan syarat-syarat mati bagi perkembangan terorisme dan dendam kesumatan. Kami menentang syarat-syarat ini, dan kami memiliki saran kemanusiaan untuk mendirikan keadilan. Saya pikir problema-problema ini dapat terselesaikan dengan cara-cara yang tidak memerlukan dana begitu banyak namun sangat baik
Reporter:
Tuan presiden, anda memaparkan bahwa program nuklir Iran adalah murni memberikan perdamaian dan untun menghasilkan tenaga listrik, akan tetapi kendatipun ini merupakan statmen(pernyataan) yang mulia sendiri, masih banyak Negara-negara lain dari anggota PBB yang mempertanyakan tujuan-tujuan Iran yang sebenarnya.
Kira-kira langkah apa yang bias anda lakukan untuk meminimalisir kehawatiran-kehawatiran tersebut. Karena selagi kondisi yang ada seperti ini terus berlanjut, diperkirakan akan terjadi pemboikotan lebih besar lagi, dan usaha besar-besaran, terutama peperangan dengan Iran.

Presiden:
Anda sendiri tahu bahwa permasalahan nuklir Iran pada dasarnya merupakan satu tema politik, dan bukan tema hak-hak asasi. Sebab fihak NPT sendiri berkali-kali telah menguatkan aktifitas nuklir kami yang membawakan perdamaian.       
Oleh karena itu, problemnya bukanlah dikrenakan proyek nuklir kami terdapat masalah. Akan tetapi problemnya berasal dari cara pandang beberapa negara tertentu yang secara kebetulan juga berada dalam kemurnian yang amat minim. Namun mereka ini memiliki kekuatan angkatan persenjataan dan politik yang kuat. Dan pandangan-pandangannya selalu mengexploitasi PBB. Satu bagian berasal dari pemerintah Amerika, dan satu bagian yang lain dari dua negara Eropa. Akan tetapi kebanyakan negara-negara didunia secara resmi telah mengetahui hak negara kami dan menguatkannya. Disamping itu pula juga terdapat badan penelitian aktifitas nuklir perwakilan dari PBB yang benar.  Dan mereka benar-benar telah mengontrolnya secara sempurna.

Yang jelas prilaku beberapa negara tersebut bagi kami bukanlah merupakan suatu hal yang baru dan mengherankan. Karena selama duapuluh sembilan tahun mereka telah memusuhi kami. Tindakan permusukan mereka telah dianggap biasa bagi negara kami, dan masyarakat kami juga telah memahami kondisi kehidupan seperti ini dan selalu maju pantang mundur. Saya sangat menyayangkan tindakan mereka, karena mereka telah menjadikan PBB tidak berguna, dan kepercayaan masyarakat terhadap badan ini juga telah sirna.

Saya pikir satu-satunya jalan adalah melanjutkan hubungan kerjasama proyek kami dengan NPT. Sesuatu yang dari awal telah ada, dan jika negara adikuasa ini tidak ikut campur tangan, maka problema akan segera terselesaikan.
Reporter:
Anda tahu bahwa Amerika tengah mempersiapkan peperangan melawan Iran?

Presiden:
saya tidak menemui hal yang demikian ini. Saya pikir perkataan-perkataan yang akan diungkapkan adalah pertama, bersumber dari kemarahan. Kedua, praktek pelaksanaan pemilihan dalam negeri Amerika. Ketiga, peletakan cover depan atas kegagalan yang bertubi-tubi dari segi kesalahan politik dalam negeri Iraq. Saya pikir satu kesalahan tidak akan bisa dibayar dengan kesalahan-kesalahan yang lain.
Reporter:
Putriku punya pertanyaan, dia masih duduk dibangku sekolah dasar dan dia ingin tahu bahwa Iran dengan kondisi yang ada, mungkinkah akan menyerang Israil? Adakah kemungkinan yang pertama kali akan diserang oleh Iran adalah Israil?
Presiden:
Iran tidak akan pernah menyerang negara manapun. Secara mendasar penyerangan bukanlah merupakan setrategi pertahanan bagi kami. System angkatan persenjataan kami adalah system pertahanan. Iran adalah Negara yang berabad-abad telah menjalin perdamaian dan persahabatan dengan para tetangganya, dan secara mendasar sama sekali tidak pernah mencari perluasan wilayah dengan mengexploitasi Negara-negara lain dan mengambil keuntungan darinya. Yang jelas Iran mampu mempertahankan negaranya dan seluruh bagian wilayah kekuasaannya secara baik. Akan tetapi tidak akan pernah merampas wilayah manapun. Jalan penyelesaian untuk Palestina yang kami katakana juga jalan penyelesaian secara manusiawi dan damai. Kami berkeyakinan bahwa nasib Palestina harus diserahkan sepenuhnya kepada rakyat Palestina pula. Atas dasar inilah usulan kami adalah sebuah pemilihan umum dan kebebasan seluruh pers. Kita biarkan rakyat Palestina sendiri mengadakan pemilihan umum, dan semuanya wajib memberikan pemilihannya kepada rakyat Palestina. Maka saat itu problema yang terjadi semenjak enampuluh tahun akan segera terselesaikan. Dan tanggung jawab ada pada rakyat Palestina sendiri.

Berkaitan dengan Irak, pendapat kami juga seperti ini. Kami katakan: biarkan keinginan rakyat Irak sendiri yang akan memutuskan. Mereka sendiri yang akan melaksanakan. Yang demikian ini merupakan sebaik-baik bentuk kehidupan persahabatan.
Reporter:
Apakah Iran tidak memiliki program pembuatan bom?
Presiden:
Tidak, kami sama sekali tidak memiliki program untuk menyerang manapun.  
Reporter:
saya ingin perjelas lagi; maksudnya orang-orang yahudi dan Arab harus sama-sama memberikan suaranya dinegara Israil dan beberapa tempat di Palestina. Artinya sebuah pemilihan secara bersama? Demikiankah yang anda maksudkan?
Presiden:
perhatikan, semua orang palestina yang asli, baik itu orang muslim, atau orang masihi, ataupun orang yahudi, yang merupakan warga palestina asli, itulah yang mengambil hak pilihnya.

Reporter:
Kata Amerika, bahwa Iran telah mempersenjatai orang-orang Afganistan dan para pemberontak diIrak. Apakah ini benar?
Presiden:
atas dasar apa kami melakukan hal ini? Adakah persenjataan kami akan mengakibatkan kekalahan politik Amerika? Ini dimata Amerika tidak ada artinya.
Kami sangat bersahabat dengan Afganistan dan Irak. Ketidak amanan diAfganistan dan Irak juga berpengaruh buruk bagi keamanan negara kami, berpengaruh buruk pada kami. Kami adalah satu-satunya negara yang tertimpa secara langsung pengaruh ketidak amanan di Afganistan dan Irak. Disamping negara kita memiliki hubungan persahabatan yang lama dan amat dekat, kita juga memiliki hubungan kekeluargaan dan jalur lalu lalangnya masyarakat secara luas. Sekarang ini juga terdapat dua setengah juta warga Afganistan hidup di Iran, dan disetiap tahunnya lebih dari satu juta orang  bermudik kenegaranya. Dan sekarang ini juga terdapat satu juta waga Irak hidup di Iran, dan disetiap tahuannya lebih dari enam juta warga Iran dan Iran berhilir mudik kekeduabelah pihak negara. Banyak juga yang saling menikah dan memiliki hubungan kekerabatan.

Kami saling bersahabat. Keamanan mereka adalah keamanan kami juga, dan keamanan kami juga keamanan mereka. Kami tidak hanya saling berdekatan, akan tetapi juga saling bersahabat.

Kami sangat tidak senang melihat kondisi yang ada diIrak dan Afganistan. Dan kami sangat tidak rela melihat rakyat Irak banyak yang terbunuh. Dan bahkan kami juga sangat menyayangkan terbunuhnya para serdadu Amerika. Kami pikir semua ini adalah dikarenakan tindakan politik yang salah. Orang yang gagal menghadapi masyarakat Irak kemudian kekalahannya dipikulkan kepada orang lain . ini merupakan tindakan politik yang keliru.
Permasalahan Irak sangat lebih mudah untuk diselesaikan. Hormatilah hak-hak rakyat Irak. Bersahabatlah dengan rakyat Irak. Hormatilah kebebasan dan hak menentukan nasibnya rakyat Irak, maka problem akan terselesaikan. Saat mengatakan Irak, maka janganlah hanya minyaknya Irak yang diinginkan. Namun masyarakat Irak juga perlu diperhatikan.

Anda tahu bahwa selama empat setengah tahun, lebih dari enam ratus ribu orang telah terbunuh? Semua keluarga berduka. Pada hal seharusnya kondisinya lain. Mula-mula pasukan Amerika datang dan Saddam pergi, masyarakat sudah gembira. Namun sekarang bagaimana? Salah siapa ini? Siapa yang melakukan kesalahan politik? Siapakah yang memaksa wanita dan anak-anak mengikat dus-dus? Siapa yang mempersenjatai para keluarga sekarang ini? Siapa yang memaksa membuat perpecahan ditengah-tengah rahyat Irak?
Ini bukan merupakan politik yang baik. Beratus-ratus tahun masyarakat Irak hidup dalam persahabatan. Mereka mampu mengatur dirinya. Mereka tidak butuh ada tangan-tangan lain turut campur dalam urusan mereka, dan menanyakan apa yang harus mereka lakukan.

Afganistan juga demikian adanya. Jika dari awalnya memang tidak membantu para teroris, maka tidak perlu adanya operasi militer. Kami sangat menyayangkan.
Reporter:
Apakah anda meyakini bahwa keberadaan Amerika di Irak adalah untuk berpolitik memecah belah antara orang Syiah dan Ahlussunnah, dan menciptakan system tiga bentuk federal?

Presiden:
Saya tidak mengatakan mereka menuntut system federal. Akan tetapi kami punya bukti-bukti yang menunjukkan bahwa sebagian dari kepemerintahan Amerika memunculkan perpecahan untuk mengurangi problrmatika yang terjadi didalamnegerinya dan memperluas exploitasinya terhadap Irak.

Saya pikir metode penyelamatan politik Amerika di Irak tidak harus melanjutkan kesalahan-kesalahan yang telah lalu. Metode dan cara benar-benar harus berubah. Hak-hak rakyat Irak bener-benar harus diketahui secra resmi, dan harus menghargai suara mereka. Semua harus membntu mewujudkan bahwa Irak mampu mengatur negaranya sendiri. Kita biarkan pemerintah yang datang dari suara rakyat supaya mengatur negara sepenuhnya. Tidak boleh ada seorangpun yang ikut campur dalam urusan kepemerintahan Irak dan memberikan perintah kepadanya. Adakalanya diluar dari keinginan pemerintah Irak dan membagi-bagikan senjata kepada rakyat, atau memunculkan perpecahan. Ini sama sekali tidak membantu kepada siapapun dan masa depan yang cerah tidak akan pernah bisa terwujud.
Reporter:
Sekarang kami telah menerima laporan bahwa perbatasan Iran dengan Irak telah ditutup. Ini untuk apa? Apakah hal ini dikarenakan penangkapan walikota Iran oleh para serdadu Amerika di Irak?

Presiden:
Bukan karena itu. Anda tahu kan disetiap tahunnya terdapat jutaan orang dari warga kami berziarah ketempat-tempat suci di Irak. Terahir beberapa walikota Iran terbunuh karena penangkapan dan peledakan bom. Pemerintah mengharap kepada para walikota untuk menahan diri terlebih dulu hingga keamanan benar-benar pulih sempurna, namun lalu lalangnya perdagangan dan barang-barang senantiasa berjalan terus.
Reporter:
Apakah Iran ada hubungan dengan titik-titik tertentu di Suriah yang pernah terjadi pemboman oleh Israil dipermulaan bulan yang lalu?
Presiden:
Anda tahu untuk apa ini dilakukan?. Mengapa sebuah negara independen telah dibombandir?

Reporter:
Dalam hal ini saya hanya punya informasi sedikit saja.
Presiden:
Saya pikir inilah tabiat rezim Zionis dalam mencari perluasan wilayah. Suatu kerjaan tanpa tujuan dan hanya ingin unjuk kekuatan saja. Juga tidak ada hubungannya dengan Iran. Suriah adalah Negara independent dan memiliki politik sendiri. Yang jelas sebagian dari wilayahnya telah diduduki.

Reporter:
Tuan presiden, bagaimanakah pendapat anda dalam kaitannya dengan kemungkinan terjalinnya hubungan antara Iran dan Amerika ditingkat senior? Apakah anda meyakini bahwa hubungan-hubungan ini akan menelurkan sebuah hasil? Ataukah Iran akan menunggu masa tibanya pemilihan presiden Amerika berikutnya?
Presiden:
Perhatikan, cara pandang kami adalah berbeda dengan ini. Kami mengatakan bahwa setiap orang yang terbunuh , maka tidak akan pernah bisa digantikan dengan yang lainnya. Oleh karena itu, jika kita bisa menyelamatkan seseorang, maka harus kita lakukan hal itu. Dan saat negara kita kehilangan kesempatan satu menit atau bahkan satu detik saja, maka hal itu tidak akan pernah bisa digantikan.

Oleh karena itu, pandangan politik kami bukanlah pandangan politik biasa. Akan tetapi pandangan politik kemanusiaan. Atas dasar inilah kami hadir dalam acara rapat Irak dan kami memiliki usulan-usulan pratis yang bagus. Diantaranya adalah harus dibentuknya sebuah komite tiga sisi untuk memperluas keamanan diIrak. Namun saya pikir kesuksesan aktifitas ini membutuhkan pada dua hal yang sangat fundamen, yaitu kesungguhan dan kejujuran. Jika kedua hal ini terwujud, maka hasilnya akan dapat dicapai.
Reporter:
Apakah anda yakin syarat-syarat ini dimiliki oleh fihak Amerika? Dan apakah anda mengindikasikan adanya kesungguhan dan kejujuran disana?
Presiden:
Kita tunggu saja. Dan kami berharap demikian.
Reporter:
Maksudnya menunggu presiden berikutnya atau pemilu berikutnya di Amerika?

Presiden:
tidak. Kita lihat dari hasil rapat itu apakah mereka memanfaatkannya dan jawaban apakah yang akan deberikan atas usulan-usulan baik Iran?
Perubahan dalam negeri Amerika bagi kami tidak terlalu penting. Saya rasa ini adalah kebebasan dan hak rakyat Amerika. Rakyat Amerika sendiri yang harus menentukan apa yang harus mereka lakukan. Saya rasa jalan keluar kemanusiaan untuk Irak adalah lebih cepat, dan kami juga siap membantu. Tidak penting siapa yang berhadapan dengan kami. Yang terpenting adalah rakyat irak yang menjadi korban

Previous
« Prev Post

Berikan Komentar Anda

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.