Diberdayakan oleh Blogger.

Buku Tamu

Followers

Jumat, 01 Juni 2012

Cara Diet Mudah

Cara diet mudah  memang harus di ketahui oleh khalayak umum agar tidak memberikan beban yang berat bagi sang pendiet. banyak cara untuk menurunkan berat badan anda. Mulai dari olahraga, Minum obat-obatan, hingga sedot lemak. Banyak rancangan diet yang menginginkan seseorang untuk percaya bahwa diet adalah hal yang rumit di mana kita harus membeli makanan-makanan yang telah mereka buat atau membuat rencana memasak untuk berhasil.

Makanan diet harus memiliki fitur nutrisi yang baik. Makanan seperti buah segar dan sayuran segar, sumber protein rendah lemak, produk susu rendah lemak, serta lemak tidak jenuh harus dimasukkan sebagai bagian utama dari rancangan diet alami Anda. Stoklah dapur Anda dengan versi “mudah” dari makanan tersebut.

Yang harus diingat dalam melakukan diet adalah perlunya bersikap realistis. Jangan berharap untuk turun terlalu banyak dalam jangka waktu singkat. Dengan pikiran yang tenang dan menerapkan trik praktis ini dapat membuat Anda tidak takut saat akan melakukan program diet.

Berikut beberapa cara diet mudah yang bisa Anda pelajari dibawah ini, yaitu :

Minum Air Putih

Minum air dapat mengurangi perasaan lapar, Anda dapat mencoba meminum segelas air putih sebelum tergoda keinginan untuk mengemil. Rasa lapar dapat berkurang dengan konsumsi air putih, hasilnya porsi makan pun berkurang. Selain itu, air putih dapat melarutkan lemak yang ada dalam tubuh sehingga mengkonsumsinya sangat baik untuk kesehatan.

Tambah Sayuran

Coba tambahkan sayuran pada piring Anda. Boleh saja sesekali menikmati makanan di restoran favorit Anda, tetapi jangan lupa pesan seporsi salad sebagai pelengkap. Sayuran kaya akan serat yang mampu membuat Anda tetap merasa kenyang sehingga perut tidak menagih untuk terus diisi.

Stop Makanan Ringan

Mengonsumsi makanan ringan merupakan salah satu sebab kegemukan. Maka dari itu sebaiknya Anda berhenti untuk makan snack setiap hari agar berat badan bisa segera turun.

Makan Yang Pedas-Pedas

Makanan yang pedas biasanya akan membantu Anda untuk mengurangi porsi makan normal yang berakibat pada penurunan berat badan. Jangan ragu untuk menambah rasa pedas pada makanan jika Anda memang ingin kurus.

Buah 

Masukkan buah-buahan dalam menu sarapan. Serat yang terkandung di daiamnya mampu membuat Anda merasa lebih kenyang. Namun, untuk memotong pemasukan kalori, hindari buah dalam bentuk jus. Contoh, segelas jus jeruk mengandung 120 kalori. Tetapi, buah jeruk hanya mengandung 60 kalori. Hemat dan tetap memenuhi asupan vitamin C yang disarankan.

Pentingnya Karbohidrat  

Anita Bean, seorang pakar nutrisi penulis buku Fitness on a Plate, menyarankan untuk mengkonsumsi karbohidrat saat sarapan ketimbang pada sore atau malam hari. Alasannya, karbohidrat yang dikonsumsi di pagi hari ini lebih banyak diubah menjadi enerji ketimbang disimpan menjadi timbunan lemak, hal yang lebih mungkin terjadi pada karbohidrat yang dikonsumsi pada waktu makan malam.Tambahan pula yang tepat akan membantu memacu kerja metabolisme, sehingga tubuh akan membakar kalori lebih efisien sepanjang hari.

Teh Hijau  

Minum hanya dua gelas teh hijau setiap hari dapat membantu membakar sekitar 70 kalori lebih dalam sehari. Kandungan antioksidan, yaitu katein, dan flavonoidnya dipercaya dapat meningkatkan kerja metabolisme. Selain itu, teh hijau juga berpotensi menurunkan risiko terkena kanker dan penyakit jantung.

Banyak Minum

Banyak orang tidak bisa membedakan rasa lapar dan haus. Saat mengira merasa lapar (padahal, sebenarnya haus), Anda akan mengkonsumsi makanan, (yang sebetulnya tidak perlu Anda konsumsi) lalu, bagaimana cara membedakannya? Minum segelas air dan tunggu hingga 10 menit untuk mengetahui apakah Anda masih lapar. Jika ya, berarti Anda memang lapar.

Protein

Selain karbohidrat, protein pun dibutuhkan metabolisme tubuh, fungsinya antara lain untuk mempertahankan tingkat metabolisme dan menekan selera makan. Sebaiknya tambahkan protein seperti ikan, ayam tanpa kulit, daging tanpa lemak, atau kacang-kacangan dalam setiap waktu makan Anda.

Pilih Snack Yang Mengenyangkan 

Misalnya, kacang-kacangan. Kacang mengandung protein, lemak sehat, serat, vitamin E, dan magnesium. Ngemil kacang dianggap efektif mengkontrol rasa lapar, karena tubuh secara spontan akan menyesuaikan pemasukan kalori, sehingga tidak membutuhkan kalori ekstra. Meski demikian, batasi tak lebih dari 60-70 kalori perhari, karena Anda bisa juga mengalami kegemukan bila mengkonsumsi kacang secara berlebihan.

Hindari Minuman Bersoda 

Lebih baik pilih air mineral daripada cola, karena akan menghemat sekitar 133 kalori sebotol dan menutup kemungkinan terjadi ’pencurian’ kalsium oleh soda. Lebih baik lagi bila Anda membeli air mineral dalam bentuk galon yang dapat diisi ulang.

Batasi Karbohidrat 

Makanan tinggi protein, misalnya ikan, merupakan pilihan makan malam terbaik untuk mengkontrol bobot tubuh. Ini karena protein membuat Anda kenyang lebih lama. Jika Anda ingin mengkonsumsi karbohidrat, hindari yang sederhana, karena lebih cenderung disimpan sebagai lemak ketimbang digunakan sebagai enerji.

Sawi Putih

Sawi putih tidak mudah busuk, bisa tahan lama, sampai satu minggu disimpan di kulkas. Lagipula, harga sawi putih relatif murah; namun dari faktor kandungan gizi, sawi putih mengandung banyak vitamin dan mineral yang berguna bagi diet yang kita jalankan.

Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang sangat bermanfaat bagi kesehatan karena kandungan zat-zat phytochemical di dalamnya. Selain itu, brokoli juga kaya akan beta karoten, vitamin B1 dan vitamin C, folat, kalsium, zat  besi, dan potasium. Brokoli juga mengandung serat yang cukup tinggi; yang kita tahu bahwa serat membantu melancarkan buang air besar.

Makanan Diet 

Menu diet yang mudah disiapkan juga dapat berupa oatmeal dengan berry dan susu kedelai untuk sarapan. Pilihan lainnya adalah dengan membuat roti bungkus dari tortilla whole grain, pisang, serta satu sendok makan selai almond. Bungkus sandwich daing kalkun dengan roti whole grain bersama satu sendok makan keju krim rendah lemak dan tomat.

Tambahkan dengan sebutir apel dan beberapa cracker whole grain. Menu makan siang yang mudah disiapkan lain yang dapat mengontrol jumlah asupan kalori adalah masakan dengan cottage cheese rendah lemak dengan saus apel di atas roti whole-grain. Untuk makan malam, Anda dapat makan salmon yang ditaburi garam dan merica yang dikukus selama 10 – 15 menit pada suhu 400 derajat Fahrenheit.

Sajikan dengan salad dan pasta whole wheat yang Anda rebus selama Anda menunggu salmon masak. Alternatifnya, beli ayam rotisserie, buang kulitnya, serta campurkan dengan kol parut yang telah dicuci sebelumnya, ¼ cangkir kacang hitam kalengan dan salsa. Makan dengan dua tortila jagung.

Secangkir buah tanpa gula, sekotak manisan anggur, 1 oz. kacang-kacangan dan energi bar natural  dengan kalori kurang dari 200 kalori dapat menjadi makanan ringan yang mudah disiapkan, yang sangat penting untuk menanggulangi rasa lapar dan mencegah ngemil.

Sekian artikel mengenai Cara diet mudah yang mungkin bisa membantu Anda.



Artikel Terkait:

1 komentar

agenjamtangan.com

tippss yg baguss
makasih bangett ya tipsnya
semoga sukses dan selalu happy

Poskan Komentar